Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Online Selama Ramadhan, Produk Apa yang Diminati?

Kompas.com - 02/06/2017, 19:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Survei yang dilakukan situs belanja online ShopBack terhadap penggunanya, menunjukkan fashion sebagai kategori yang paling diminati konsumen belanja online Indonesia (81,9 persen).

Tiga produk fashion paling diminati memang mencerminkan kebutuhan konsumen muslim, yakni baju koko (54,5 persen), baju gamis (53,1 persen), dan hijab (44,1 persen).

Namun, di luar produk busana muslim, terdapat jenis produk yang universal yang masuk ke dalam pilihan utama, yaitu sepatu (44,1 persen).
 
Kategori lainnya yang promosinya juga sangat ditunggu oleh konsumen belanja online adalah elektronik (43,1 persen), makanan (40,7 persen), perabot rumah tangga (33,8 persen), groceries (32,4 persen), dan travel (31,9 persen).
 
“Produk-produk yang diminati rata-rata adalah produk yang pendanaannya tidak diambil dari alokasi bujet harian," ujar Indra Yonathan, Country General Manager, ShopBack Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (2/6/2017).

"Kami melihat konsumen benar-benar akan memanfaatkan promo istimewa di Bulan Ramadhan untuk mendapatkan produk-produk impiannya,” imbuhnya.

Sementara untuk kebutuhan sehari-hari seperti bumbu dapur dan makanan beku, konsumen lebih memilih berbelanja langsung. Hanya 18,9 persen konsumen yang menyatakan akan membeli bumbu dapur dan 29,5 persen akan membeli produk makanan beku secara online dengan memanfaatkan promo Ramadhan.
 
Khusus untuk kategori produk travel, 59,20 persen konsumen menyatakan lebih memilih melakukan pemesanan secara online dibandingkan dengan pembelian langsung di biro perjalanan.

Alasan utamanya adalah harga yang lebih murah jika melakukan pemesanan online (58,4 persen). Untuk produk travel, tiket pesawat masih menjadi produk yang paling diminati (57,4 persen), diikuti dengan tiket kereta api (53 persen) dan kamar hotel (52,2 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com