Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android O Mulai Menyebar Agustus 2017?

Kompas.com - 08/06/2017, 16:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - iOS 11 tengah menjadi perbincangan hangat pekan ini. Meski demikian, sistem operasi buatan Apple tersebut belum akan meluncur secara komersil dalam waktu dekat.

Android O yang lebih dulu diperkenalkan pada Mei lalu di ajang Google I/O 2017 justru segera hadir di Google Pixel. Setidaknya begitu yang diumbar jurnalis teknologi kawakan, David Ruddock, melalui akun Twitter @RDR0b11.

Baca: iOS 11 Resmi Diluncurkan, Sederet Fitur Baru Datang

Menurut dia, Android O bakal disebar secara otomatis melalui mekanisme over the air (OTA) mulai pertengahan Agustus 2017, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (8/6/2017), dari kicauan Twitter yang dilaporkan BGR.


Ruddock belum menyebut tanggal pasti, tetapi mematok pekan pertama atau kedua Agustus sebagai waktu penyebaran Android O secara massal. Jika benar, waktu perilisan ini bakal lebih cepat dibandingkan Android Nougat keluaran 2016 lalu.

“Informasi ini datang dari sumber terpercaya. Namun, tanggal pasti perilisannya masih bisa berubah-ubah,” kata dia.

Fitur Android O

Diketahui, hingga saat ini singkatan dari “O” pada Android O belum diumumkan. Ada beberapa fitur unggulan pada sistem operasi tersebut, antara lain picture-in-picture, notification dots, autofill with Google, dan smart text selection.

Untuk urusan performa, Google menjamin Android O akan jauh lebih hemat daya baterai. Ini dimungkinkan berkat optimasi sistem operasi yang diracik Google.

Selain itu, dalam hal keamanan, Google juga mengklaim bakal memanfaatkan machine learning untuk memindai 50 miliar aplikasi per hari. Jika ada aplikasi yang terbukti berbahaya, maka aplikasi tersebut akan langsung "ditendang" dari toko aplikasi Play Store.

Kendati Android O mulai disebar untuk pengguna Pixel beberapa bulan mendatang, bukan berarti Pixel 2 bakal meluncur dalam waktu dekat. Selentingan kabar menyebut Pixel generasi kedua baru akan diperkenalkan pada September akhir atau Oktober mendatang.

Benar atau tidaknya berbagai informasi ini baru bisa diketahui beberapa bulan mendatang. Kita tunggu saja.

Baca: Android O Resmi Meluncur, Ini 5 Fitur Unggulannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com