Grup E-Commerce China Alibaba Bakal Bangun Data Center di Indonesia - Kompas.com

Grup E-Commerce China Alibaba Bakal Bangun Data Center di Indonesia

Kompas.com - 11/06/2017, 12:19 WIB
ist Ilustasi e-commerce Alibaba

KOMPAS.com - Alibaba Cloud, penyedia layanan cloud computing milik raksasa e-commerce China, Alibaba Group, mengumumkan rencana untuk membuka dua data center baru di Jakarta, Indonesia.

Pengumuman itu dilakuakn di ajang Computing Conference di Shanghai, China, Sabtu (10/7/2016) lalu. Pembukaan data center ini akan diwujudkan Alibaba selambat-lambatnya akhir Maret 2018.

Dengan dibukanya data center di Indonesia nantinya,  Alibaba Cloud berharap bisa meningkatkan sumber komputasi di Asia secara signifikan, yang akan memberikan dukungan untuk usaha kecil dan menengah (UKM).

“Membangun data center di Indonesia akan memperkuat posisi kami di area ini dan juga secara global,” kata Simon Hu, Senior Vice President of Alibaba Group dan Presiden Alibaba Cloud dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Selain di Indonesia, ALibaba juga berencana membuka data center di Mumbai, India. Sebelumnya, Alibaba Cloud sudah memiliki data center di wilayah Asia Tenggara, yakni Malaysia.

Dengan tiga data center terbaru yang direncanakan akan dibuka, Alibaba Cloud akan menambah total data center menjadi 17 lokasi, melingkupi China, Australia, Jerman, Jepang, Hong Kong, Singapura, Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

Data center Asia yang baru ini akan menawarkan layanan lengkap, menyediakan fleksibilitas untuk perusahaan dan organisasi untuk membangun seluruh infrastruktur bisnis TI mereka di Alibaba Cloud atau menjalankan mission-critical dan aplikasi inti di dalamnya.

Langkah Alibaba Cloud ini juga diklaim untuk menanggapi inisiatif "1.000 Start-up Movement" di Indonesia yang diluncurkan tahun lalu, dengan tujuan untuk membina 1.000 start-up pada tahun 2020 dengan valuasi kumulatif sebesar 10 miliar dollar AS.

Baca: Raksasa Internet China Alibaba Masuk Daftar Hitam di AS

EditorReska K. Nistanto
Komentar