Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Masalah, CEO Uber Diminta Mundur Sementara?

Kompas.com - 12/06/2017, 10:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Uber sedang terbelit banyak masalah, mulai dari pelecehan seksual di tempat kerja hingga tuduhan mencuri teknologi mobil swa-kemudi dari Google. Restrukturisasi manajemen pun dilakukan.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, ada kemungkinan CEO Uber, Travis Kalanick bakal dirumahkan atau diminta mundur untuk sementara. Keputusan tersebut kabarnya telah dipertimbangkan oleh dewan direksi Uber dalam rapat yang belangsung di Los Angeles, AS, Minggu kemarin.

Selain Kalanick, Senior Vice President Uber, Emil Michael, juga bisa didepak. Dewan direksi Uber terdiri dari tujuh anggota voting, termasuk Kalanick sendiri, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Washington Post, Senin (12/6/2017).

Kalanick adalah CEO sekaligus pendiri Uber yang memulai perusahaan tersebut pada 2009. Semenjak itu dia terus berada di pucuk pimpinan.

Belakangan, Uber tersandung banyak persoalan. Kalanick ikut mendapat sorotan karena menambah sejumlah masalah dan menilai dirinya tak becus memimpin.

Sejauh ini sudah ada sejumlah karyawan Uber yang diberhentikan gara-gara berbagai masalah tersebut. Pekan lalu, sebanyak 20 karyawan Uber dipecat karena ditemukan terlibat pelecehan seksual, menurut hasil penyelidikan internal.

Selain persoalan moral, ada juga sengketa di pengadilan dengan Waymo, spin-off Google yang menuding Uber telah memakai teknologi curian terkait mobil swa-kemudi. Kepala program mobil swa-kemudi Uber, Anthony Levandowski, telah diberhentikan pada akhir Mei lalu.

Baca: Uber Pecat 20 Pegawai Pasca Investigasi Pelecehan Seksual

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com