Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Akhirnya Akui Bikin Mobil Tanpa Sopir

Kompas.com - 14/06/2017, 13:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TIME

KOMPAS.com - Apple akhirnya mengakui pihaknya tengah menggarap proyek mobil otonomos. Hal tersebut diumbar oleh CEO Apple, Tim Cook, dalam sebuah wawancara langsung di televisi.

"Kami fokus pada sistem otomatis," kata Cook ketika ditanya tentang industri otomotif, sebagaimana dilaporkan Time dan dihimpun KompasTekno, Rabu (14/6/2017).

Mendengar mobil otonomos, yang kerap terbesit di benak adalah mobil tanpa awak alias self-driving car. Menurut Cook, proyek mobil otonomos Apple akan lebih dari itu.

“Tentu saja salah satu tujuan sistem mobil otonomos adalah self-driving car. Tapi tak sekadar itu, kami juga menyiapkan hal-hal lain,” ia menjelaskan.

Pengakuan pertama

Pengakuan ini adalah yang pertama kalinya terdengar setelah bertahun-tahun Apple dirumorkan akan mendalami industri mobil otonomos. Inisiasi awalnya yang disebut Project Titan dilaporkan sekitar 2014, namun tak detail.

Apple sempat pula disebut-sebut akan membuat mobil listrik sendiri pada 2019. Bocoran itu terbantahkan pada akhir 2016 lalu, di mana Apple dikatakan tak akan membuat mobil listrik sendiri namun menciptakan sistem teknologi serba otomatis untuk self-driving car.

Beberapa saat lalu, Apple telah menguji coba sistem mobil otonomosnya di area publik. Menurut bocoran dokumen, Apple telah mengantongi izin untuk menguji tiga self-driving car di jalanan California, AS.

Hal ini tak ditanggapi lebih lanjut oleh Cook. "Kita lihat saja ke depan seperti apa,” ujar Cook kala itu.

Ketika dikorek lagi, Cook menyudahi dengan kalimat, “Kami tak mengatakan apa yang akan kami lakukan.”

Pengakuan Cook soal proyek mobil otonomos bersamaan dengan klaim dari Alphabet Waymo dan Uber yang menyebut mereka adalah pemimpin di industri mobil otomatis. Perusahaan-perusahaan di Silicon Valley juga tengah gencar menggarap teknologi artificial-intelligence yang menurut Cook sebagai inti dari pengembangan self-driving car.

“Kami melihatnya (mobil otonomos) sebagai ibu dari semua proyek artificial-intelligence,” kata Cook.

“Mungkin mobil otomatis merupakan proyek artificial-intelligence yang paling sulit,” ia menambahkan.

Baca: Mobil Otonomos Apple Digarap oleh Jebolan BlackBerry

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TIME
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com