Line Rilis Speaker Pintar Wave, Pesaing Google Home - Kompas.com

Line Rilis Speaker Pintar Wave, Pesaing Google Home

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 15/06/2017, 19:00 WIB
KOMPAS.com/Reska Nistanto Speaker Line

TOKYO, KOMPAS.com - Line, layanan pesan instan asal Jepang, menyatakan bakal serius di bidang artificial intelligence (AI). Sebagai langkah awal, Line mengenalkan platform AI berbasis cloud yang diberi nama Clova pada ajang MWC 2017 Maret lalu.

Kini, untuk aplikasinya, Clova ditanamkan dalam dua produk smarthome pertama Line, yakni speaker pintar (Smart Speaker) yang diberi nama Wave.

Pengenalan Wave dilakukan Line di ajang Line Conference 2017 di Tokyo, Jepang, Kamis (15/6/2017).

Sepintas, Wave mengingatkan kita kepada Google Home dan Amazon Echo. Bentuk dan fungsinya pun mirip.

Layaknya Google Home dan Amazing Echo, Wave buatan Line juga bisa menjadi asisten pribadi, teman ngobrol, sekaligus pemutar musik dengan bantuan AI Clova di dalamnya.

"Wave bisa menangani percakapan kasual, menjawab pertanyaan random tentang musik dan hiburan," ujar Jun Masuda, Director and CSMO Line, sebagaimana dilaporkan jurnalis KompasTekno, Reska K. Nistanto, langsung dari tempat acara.

KOMPAS.com/Reska Nistanto Jun Masuda, Director and CSMO Line, saat memamerkan speaker Line

Fungsi lain yang dimiliki Wave adalah terintegrasi dengan perangkat smarthome lain di dalam rumah. Lewat Wave, pengguna juga bisa mengontrol Smart TV dan perangkat home appliance lain yang terhubung dengan internet.

Wave yang memiliki form factor kerucut ini memiliki bobot 998 gram. Sebagai speaker 2-in-1, Wave memiliki dua tweeter ukuran 1 inci berkekuatan 5 watt dan satu subwoofer ukuran 2,5 inci berkekuatan 20 watt.

Hardware-nya terdiri atas prosesor Qualcomm APQ8009 dengan prosesor quad-core 1,3 GHz. Chipset ini setara dengan yang dipakai oleh tablet-tablet PC tertentu.

Selain itu, Wave juga didukung dengan RAM DDR3 1 GB, penyimpanan internal 8 GB, baterai 5.000 mAh, konektivitas Bluetooth, dan WiFi 802.11 b/g/n. Mikrofon lima arah Wave bisa mendeteksi suara hingga jarak lima meter.

Line melakukan sesi pre-sale Wave dengan harga 10.000 yen (sekitar Rp 1,2 juta) pada Juni 2017. Versi pre-sale hanya memiliki fungsi dasar pemutar musik.

Penjualan resmi Wave akan dilakukan pada September 2017 mendatang dengan banderol 15.000 yen (Rp 1,8 juta). Versi pre-sale akan mendapat upgrade ke full version setelah penjualan resmi.

Konsep produk lain

Selain speaker pintar Wave, Line juga mengumumkan membuat speaker purwarupa Champ. Speaker ini memiliki fungsi Wave namun bisa dibawa ke luar ruangan.

KOMPAS.com/Reska Nistanto Smart Speaker CHAMP

Menariknya, Champ dibuat dengan form factor dua karakter populer Line, yakni Sally berwarna kuning dan Brown berwarna coklat.

Line juga mengenalkan purwarupa layar pintar (Smart Diplay) yang diberi nama Face. Layar pintar ini juga mengusung kecerdasan Clova. Face memiliki fungsi mirip speaker pintar Wave, namun ditambah dengan layar, sehingga juga  menampilkan video.

PenulisReska K. Nistanto
EditorDeliusno
Komentar
Close Ads X