Diperbarui, Firefox Diklaim Lebih Kencang dari Google Chrome - Kompas.com

Diperbarui, Firefox Diklaim Lebih Kencang dari Google Chrome

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 16/06/2017, 10:05 WIB
The Verge Logo Firefox

KOMPAS.com - Mozilla baru saja merilis pembaruan untuk peramban (browser) Firefox. Pembaruan ini menitikberatkan pada peningkatan kecepatan peramban dan memangkas konsumsi memori.

Firefox 54, demikian nama versi baru tersebut, membuka batas pemrosesan web yang bisa dilakukan pada satu waktu. Semula batas tersebut berada di angka satu. Pada pembaruan ini, pemrosesan itu diubah menjadi empat.

Selain itu, Mozilla juga mengizinkan penggunanya untuk mengatur batas pemrosesan itu sesukanya dengan cara memasukkan “about:config” di kolom alamat.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (16/6/2017), dengan cara demikian Firefox 54 jadi terasa lebih kencang dan sanggup mendapatkan nilai tinggi saat diuji menggunakan benchmark kecepatan peramban.

Nilai benchmark tersebut diklaim lebih tinggi ketimbang Google Chrome dan Apple Safari. Bahkan, setelah dipakai untuk membuka 20 tabs, Firefox masih tetap lebih kencang.

“Ini memang perubahan kode terbesar dalam sejarah Firefox,” ujar Vice President of Product Firefox, Nick Nguyen.

Peningkatan batas sistem pemrosesan dari satu menjadi empat mungkin terkesan hanya sedikit. Meski begitu peningkatan ini memberikan efek signifikan dalam hal jumlah proses yang bisa dijalankan bersamaan dan mengurangi konsumsi memori.

Angka empat tersebut, menurut tim pengembang software Mozille, merupakan batas paling optimal yang bisa diterapkan pada peramban dalam komputer dengan RAM 8 GB.

Selama ini, pemrosesan web di Firefox terasa lebih lambat karena peramban tersebut mengandalkan sistem pemrosesan tunggal untuk membuka tabs berukuran 2,5 Mb. Dengan pembaruan saat ini, pemrosesan saat membuka tabs tersebut bisa ditangani oleh sistem yang lebih banyak.

Baca: Firefox Versi Terbaru Dibekali Teknologi Anti Crash

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorDeliusno
SumberThe Verge,
Komentar
Close Ads X