Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Hari Ini Rayakan Musim Mudik 2017

Kompas.com - 19/06/2017, 06:38 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Laman utama mesin pencarian Google hari ini, Senin (19/6/2017), dihiasi dengan ilustrasi serombongan orang yang berada dalam sebuah mobil dan tumpukan barang berlogo Google. Mengapa demikian?

Ternyata Google turut merayakan musim mudik di Indonesia melalui doodle. Ilustrasi yang dipampang itu merupakan penanda dimulainya musim mudik 2017.

"Doodle hari ini menandai dimulainya masa Mudik, sebuah kepulangan tahunan di Indonesia," tulis Google perihal doodle Musim Mudik 2017 tersebut.

Tampak satu keluarga yang sedang dalam perjalanan mudik menggunakan mobil. Sang ayah mengendarai mobil tersebut, di belakangnya terdapat anggota keluarga. Di bagian atap mobil, tampak berbagai barang bertuliskan "Google" yang ditumpuk.

Di sebelahnya, tampak pengendara sepeda motor yang juga dalam perjalanan mudik, lengkap dengan tumpukan barang di bagian belakang. Tampak juga berbagai jenis kendaraan lain di sekitar mobil dan motor itu.

"Pemudik pulang ke rumah dengan cara apapun -dengan sepeda motor, kereta, mobil, dan bus. Pemerintah daerah bahkan menawarkan mudik gratis, tiket diskon membantu pengendara motor untuk naik feri dan bus," kata Google untuk menjelaskan Musim Mudik 2017.

Selain itu, Google menuliskan bahwa musim mudik ini ternyata dapat membuat sebuah kota nyaris sepi karena ditinggal para pemudik.

"Faktanya, penggunaan listrik di Jakarta bisa menurun hingga 70 persen saat mudik!" kata Google.  

Pantauan KompasTekno, saat pengguna mengklik ilustrasi tersebut, maka Google akan otomatis menampilkan berbagai hasil pencarian dengan kata kunci “mudik”.

Mudik sendiri merupakan istilah yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menyebut kegiatan pulang ke kampung halaman. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan pada saat libur hari raya dan berulang setiap tahun.

Dalam hal ini, mudik yang dirayakan oleh Google adalah mudik yang terjadi pada libur Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2017.

"Aman di perjalanan dan selamat Mudik!" ucap Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com