Waspada, Malware Pencuri Informasi Menyusup di Play Store - Kompas.com

Waspada, Malware Pencuri Informasi Menyusup di Play Store

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 19/06/2017, 07:43 WIB
techsru.com Ilustrasi malware

KOMPAS.com - Pengguna Android sebaiknya waspada saat mengunduh aplikasi, meski sumbernya adalah Play Store buatan Google sendiri. Baru saja terungkap ada aplikasi yang disusupi malware atau program jahat di toko digital Google tersebut.

Berdasarkan penelurusan perusahaan antivirus Trend Micro, program jahat itu disebut sebagai Xavier. Malware tersebut telah terpasang secara di lebih dari 800 aplikasi gratis dalam Google Play Store.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (19/6/2017), Trend Micro mengungkap bahwa saat ini program jahat itu telah diunduh sampai jutaan kali. Sayangnya, tidak disebutkan nama dari aplikas-aplikasi yang telah tersusupi Xavier.

Xavier sendiri sejatinya merupakan "perpustakaan" iklan. Biasanya Xavier dipasang dalam aplikasi gratis agar pengembangnya bisa mendapatkan uang dari iklan.

Namun belakangan ini terungkap bahwa Xavier ternyata telah berevolusi menjadi sebuah program jahat yang berbahaya dan rumit.

Peneliti keamaman Tren Micro mengatakan bahwa Xavier merupakan tipe program jahat yang bisa menghindar dari alat pendeteksi, memiliki remote code execution, dan sanggup mencuri informasi dari dalam smartphone yang dijangkitinya.

Informasi yang dicuri, bisa saja berupa alamat e-mail, identitas perangkat genggam, model, sistem operasi, negara asal perangkat genggam, produsen, operator kartu SIM, resolusi hingga aplikasi apa saja yang terpasang.

Peneliti itu juga mengatakan bahwa pengguna Android yang terinfeksi kebanyakan berasal dari negara-negara Asia Tenggara, seperti Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

Baca: Malware Ini Sembunyi di Play Store Selama Bertahun-tahun

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorDeliusno
SumberPhone Arena,
Komentar
Close Ads X