Cara Pakai Google Maps "Offline" saat Mudik - Kompas.com

Cara Pakai Google Maps "Offline" saat Mudik

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 19/06/2017, 13:12 WIB
Google Google Maps kedatangan fitur pengingat tempat parkir

KOMPAS.com - Memasuki minggu keempat Ramadhan 2017, masyarakat rantau yang tinggal di kota mulai menyiapkan diri untuk pulang kampung atau kerap disebut mudik. Salah satu alternatif mudik yang paling populer adalah lewat jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Dalam hal ini, aplikasi peta digital seperti Google Maps bisa diandalkan agar pemudik tak hilang arah. Apalagi, khusus selama Ramadhan, Google Maps dilengkapi fitur semacam pencarian masjid terdekat dan reservasi restoran untuk berbuka puasa.

Yang tak kalah penting, Google Maps juga bisa dioperasikan dalam keadaan offline alias tanpa memakan data internet. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika jaringan internet di jalur mudik tiba-tiba terputus karena kepadatan trafik. Baterai pun bisa lebih hemat selama perjalanan.

Perlu dicatat, penjajalan Google Maps secara offline memiliki syarat. Anda harus mengunduh terlebih dahulu jalur mudik yang hendak dilalui hingga sampai ke tujuan. Berikut langkahnya.

Pertama, buka aplikasi Google Maps. Kemampuan menjajal peta digital offline ini sudah tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Jika Anda belum memilki atau memperbarui aplikasi Google Maps, silakan lakukan via toko aplikasi masing-masing. Untuk memperbarui aplikasi versi Android, kunjungi tautan berikut. Versi iOS bisa didapatkan di tautan rel="nofollow" ini.

Kedua, cari lokasi tujuan. Masukkan kota tujuan mudik pada kolom bertuliskan “Search Here”. Pada tahap ini Anda masih harus terkoneksi internet. Jika di rumah atau di kantor tersedia akses Wi-Fi, Anda bisa memanfaatkannya agar lebih hemat.

Ketiga, unduh lokasi tujuan. Setelah memasukkan destinasi mudik, Google Maps bakal memperlihatkan estimasi waktu dan jarak untuk mencapai tujuan. Adapula informasi cuaca, foto-foto, dan deskripsi tempat jika sudah tersedia.

Di bawah informasi estimasi waktu dan jarak, Anda bisa gulir ke paling bawah hingga menemukan pilihan Save Offline. Selanjutnya, rute yang Anda pilih akan muncul sebagai “Saved Offline Route” alias rute tersimpan. Sebaiknya langkah ini dilakukan juga menggunakan jaringan Wi-Fi.

Keempat, matikan data mobile. Silakan Anda coba matikan data mobile lantas pilih “Saved Offline Route” menuju kota tujuan untuk mudik. Google Maps akan bekerja layaknya ketika data mobile diaktifkan.

Baca: Indonesia Kedatangan Fitur Pengingat Tempat Parkir di Google Maps

Kemampuan akses offline ini diharapkan dapat membantu pengguna memangkas pemakaian data (dan sedikit banyak penggunaan baterai) saat mengakses Maps di tengah jalan. Selama masa mudik, ini tentu akan membantu meningkatkan pengalaman perjalanan Anda.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorDeliusno
Komentar
Close Ads X