Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Kamera Ganda 4 Smartphone Berbeda di Jalur Mudik

Kompas.com - 20/06/2017, 15:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Dalam perjalanan Mudik Smart 2017, tim KompasTekno turut membekali diri dengan empat smartphone anyar yang memiliki fitur kamera ganda, yakni Asus ZenFone Zoom S, Coolpad Cool Dual, LG G6, dan Xiaomi Mi 6.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Pantai Alam Indah di kota Tegal, Jawa Tengah. Selain hamparan pasir dan warung-warung makanan, di pantai ini juga terdapat museum dirgantara.

Serangkaian obyek dipajang di pekarangan museum, termasuk kendaraan-kendaraan perang seperti tank dan pesawat, juga rudal sehingga bisa menjadi obyek foto atau background yang menarik.

Keempat ponsel ternyata bisa menghasilkan karakter foto yang unik karena mengusung prinsip berbeda dalam penerapan teknologi kamera ganda masing-masing. Walhasil, jepretan foto mereka pun bisa tampil berlainan jika dibandingkan.

Penasaran? Silakan simak rangkaian foto selengkapnya dari Asus ZenFone Zoom S, Coolpad Cool Dual, LG G6, dan Xiaomi Mi 6 di galeri lewat tautan berikut.

KompasTekno juga menguji kamera dari perangkat-perangkat tersebut di Yogyakarta. Hasil jepretan tersebut bisa dilihat melalui tautan berikut.

Beda ponsel, beda teknologi kamera

Asus ZenFone Zoom S dan Xiaomi Mi6 memiliki konfigurasi kamera ganda di mana salah satu kamera memiliki sudut pandang standar (25mm untuk ZenFone Zoom S dan 27mm untuk Xiaomi Mi6, ekuivalen full-frame).

Baca: Lebih Dekat dengan Android Kamera Ganda Coolpad Cool Dual

Lalu, kamera kedua ZenFone Zoom S dan Mi 6 menggunakan lensa tele, masing-masing dengan focal length setara 59 mm dan 52 mm.

LG G6 menganut konsep kebalikannya, di mana unit kamera kedua bukan menggunakan lensa tele, melainkan ultra wide dengan cakupan bidang pandang sangat lebar, yakni 125 derajat atau focal length 12 mm (setara 12 mm).

Kompas.com Kamera wide angle LG G6 berguna untuk megambil pemandangan yang luas.

Bidang pandang ini jauh lebih lebar dari lensa setara 27/28 mm di ponsel lain yang memiliki cakupan sudut pandang di kisaran 75 derajat.

Penerapan konsep berikutnya dalam teknologi kamera ganda bisa dilihat di Coolpad Cool Dual. Berbeda dari ZenFone Zoom S, Mi 6, dan G6, kedua kamera di Cool Dual memiliki lebar sudut pandang yang setara.

Perbedaannya terletak di jenis sensor, di mana sensor salah satu kamera bisa menangkap foto warna, sementara yang lain dikhususkan menjepret gambar monokrom alias hitam-putih.

Hasil jepretan kamera warna dan monokrom kemudian digabungkan menjadi sebuah foto hasil akhir. Cara ini diklaim bisa meningkatkan kontras sekaligus detil gambar dalam jepretan foto.

Kamera ganda Cool Dual juga bisa dipakai menambah efek depth of-field, di mana background tampak buram sementara subyek utama tetap tajam.

Baca: Mengenal Kamera Ganda di Xiaomi Mi 6


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com