Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Gadget Pendukung Perjalanan Mudik

Kompas.com - 21/06/2017, 10:43 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Menghadapi perjalanan mudik yang panjang dan berpotensi macet, butuh persiapan lengkap. Selain peralatan pribadi, obat-obatan, dan peranti hiburan di jalan, jangan lupa pula membawa peralatan pendukung gadget di dalam tas.

Peralatan pendukung gadget yang dimaksud terkait soal pengisian daya. Tentu Anda akan sangat membutuhkan keberadaan charger yang bisa dipasang di mobil. Selain charger, peralatan pendukung lain bisa berupa koneksi internet atau kebutuhan fotografi.

Memang tidak semua peralatan pendukung ini penting untuk dibawa, tapi keberadaannya bisa sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda di perjalanan mudik. Terutama jika peralatan yang dimaksud bisa mempermudah pencapaian kebutuhan Anda selama perjalanan.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno setelah melakukan perjalan Mudik Smart, setidaknya ada delapan peralatan pendukung yang sebaiknya disiapkan oleh pemudik dalam tas nya.

1. Car Charger

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Aukey Car Charger
Jika perjalanan mudik Anda menggunakan mobil, ada baiknya menyediakan car charger. Peranti ini berbeda dengan charger biasa, karena memiliki colokan yang bisa dipasang pada port aksesoris mobil.

Ada banyak pilihan car charger, mulai dari yang menyediakan satu output USB standar hingga output USB 3.0 quick charge. Apa pun pilihan Anda, charger ini dipastikan bakal berguna menopang pasokan daya untuk pengoperasian smartphone.

2. Terminal charger

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Aukey Desktop Charger
Terminal charger berguna saat kendaraan memiliki colokan listrik standar, seperti yang ada di rumah-rumah. Peralatan ini akan berguna saat Anda perlu mengisi daya banyak gadget sekaligus, namun hanya ada satu colokan sumber listrik.

Selain itu, perlu diperhatikan juga apakah kendaraan yang dipakai untuk mudik memiliki  colokan listrik standar. Sebab terminal charger ini tidak bisa dipasang di port aksesori mobil.

3. Gorilla Pod

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Gorilla Pod
Bila Anda suka memotret, pastikan membawa Gorilla Pod dalam tas. Alat ini merupakan alternatif pengganti tripod yang berguna untuk menstabilkan kamera saat ingin memotret dengan shutter lambat, atau sekadar mendokumentasikan perjalanan mudik.

Jangan lupa juga membawa bracket holder smartphone untuk dipasang ke Gorilla Pod tersebut. Pasalnya dengan cara demikian, Gorilla Pod Anda bisa diubah menjadi tripod smartphone.

4. Kartu SIM cadangan

Kehilangan koneksi internet di perjalanan mudik tentu sangat mengesalkan. Apalagi mengingat saat ini sebagian besar hiburan dan komunikasi benar-benar bergantung pada ketersediaan internet.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com