Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ransomware WannaCry Lumpuhkan Pabrik Honda

Kompas.com - 22/06/2017, 13:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Serangan WannaCry rupanya masih belum benar-benar usai. Hari Minggu lalu, ransomware penyandera data tersebut ditemukan di pabrik otomotif milik Honda di Sayama, Jepang.

Esoknya, pabrik yang memproduksi aneka model mobil seperti Honda Accord, Odyssey, dan Step Wagon dengan kapasitas produksi 1.000 unit per hari itu menghentikan kegiatan operasionalnya.

Untunglah penghentian tak berlangsung lama. Pada Selasa pekan ini, pabrik Honda di Sayama sudah kembali beroperasi, menurut keterangan seorang juru bicara.

“Penanganan segera dilakukan, dan produksi di Sayama sudah kembali berlangsung pada 20 Juni pagi hari. Saat ini belum ditemukan ada dampak lagi (dari serangan WannaCry),” ujar sang juru bicara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Kamis (22/6/2017).

Meski sudah melakukan upaya untuk melindungi sistem komputernya pada Mei lalu ketika serangan WannaCry merebak di seluruh dunia, jaringan Honda di Jepang, Amerika Utara, Eropa, China, dan wilayah-wilayah lain rupanya ikut terjangkit WannaCry.

Pabrik Honda yang menghentikan produksi gara-gara WannaCry hanya yang berlokasi di Sayama. Pabrik-pabrik di lokasi lain tidak terganggu karena kasus serupa.

Selain Honda, pabrikan otomotif lain, yakni Renault SA dan Nissan Motor Co bulan lalu turut menjadi korban WannaCry dan terpaksa menghentikan kegiatan produksi di pabrik-pabriknya di sejumlah negara.

Baca: Kiat Menangkal Serangan Virus Ransomware seperti WannaCry

Di puncak serangannya, ransomware WannaCry menyebar ke 150 negara dan memakan korban sebanyak 200.000, termasuk di Indonesia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com