Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Persen Jalur Tol Fungsional Terjangkau Sinyal Seluler

Kompas.com - 24/06/2017, 14:12 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara melakukan pengecekan ke Network Operation Center (NOC) operator-operator telekomunikasi, melihat kesiapan di event mudik dan Idul Fitri 2017.

Pengecekan ke NOC masing-masing operator seluler, yakni Indosat Ooredoo, Telkomsel, XL Axiata, Hutchison Tri, dan Smartfren, dilakukan Rudiantara pada Kamis - Jumat (22-23/6/2017).

Dari hasil pengecekan ke NOC tersebut, didapat kondisi bahwa dalam industri telekomunikasi saat ini yang terjadi trafik suara (voice) dan sms cenderung menurun, sementara trafik dan kapasitas data yang justru naik drastis.

Jangkauan sinyal operator seluler juga diklaim telah memenuhi cakupan 60 sampai dengan 70 persen di jalur tol fungsional yang baru dioperasikan di musim mudik dan Lebaran tahun ini.

"Telekomunikasi ini kita sudah siapkan untuk mampu menangani lonjakan trafik dan juga penambahan coverage di lokai-lokasi tertentu yang menjadi area kepadatan selama mudik," terang Rudiantara dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (24/6/2017).

"Saya sudah meminta operator untuk juga menempatkan mobile BTS-BTS (BTS yang dapat dipindah-pindah) ke area jalan tol fungsional/darurat," imbuhnya.

Kebutuhan data selama menjelang lebaran ini menurut Rudiantara naik 20 Persen. Untuk jalur tol darurat atau fungsional, operator seluler memenuhi coverare 60 sampai dengan 70 persen, dengan penambahan kapasitas dan satuan tugas di pintu keluar tol darurat.

Operator telekomunikasi telah memiliki sistem monitoring dan kendali sampai ke tingkat BTS. Juga apa yang menjadi keluhan pengguna dapat dipantau melalui sistem monitoring.

Rudiantara menambahkan karena trafik voice semakin turun, maka Operator Telekomunikasi agar lebih memanfaatkan jaringan 4G, karena tren konsumsi layanan telekomunkasi ke depan yang lebih ke konsumsi data.

Baca: Uji Internet Jakarta ke Yogyakarta, Operator Mana Paling Siap?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com