4 Cara Hasilkan "Selfie" Memukau Selama Mudik - Kompas.com

4 Cara Hasilkan "Selfie" Memukau Selama Mudik

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 25/06/2017, 18:06 WIB
KOMPAS.com Jepretan Xiaomi Mi 6 dengan efek portrait.

KOMPAS.com - Mengambli swafoto atau lebih populer disebut selfie sudah menjadi aktivitas sehari-hari masyarakat modern. Ketika bertemu sanak saudara, teman, atau tokoh idola, selfie bersama seakan menjadi agenda wajib.

Hasil selfie, baik sendiri atau beramai-ramai, kerap dibagi ke media sosial. Ada beberapa selfie yang mengundang banyak like, ada pula yang kurang mendapat respons.

Nah, ada beberapa tips simpel untuk membidik selfie yang mumpuni selama mudik Lebaran 2017. Dengan begitu, momen mudik bisa terekam dengan baik dan ketika dibagi ke media sosial mendapat banyak like.

Pertama, ketahui angle Anda. Setiap orang memiliki sudut pengambilan selfie yang paling pas dengan wajah, baik dari samping kanan, kiri, bawah, atau atas.

Jika tipe wajah Anda chubby dan Anda tak percaya diri dengan itu, sudut pengambilan dari samping bisa menjadi pilihan. Sebab, lekukan rahang akan lebih menonjol ketimbang pipi.

Jika Anda memiliki bibir yang terlalu lebar, sudut pengambilan dari atas barangkali cocok. Sebab, sudut tersebut akan lebih menonjolkan mata ketimbang bibir.

Nah, jika Anda memiliki hidung yang mancung dan bibir yang ingin ditonjolkan, pengambilan selfie dari bawah bisa dicoba. Intinya, angle yang cocok perlu dicari sendiri sesuai dengan apa yang ingin ditonjolkan dan disembunyikan.

Kedua, cari pencahayaan yang baik. Jangan pernah selfie dengan memunggungi sinar lampu atau matahari yang terang, sebab akan membuat wajah Anda sepenuhnya hitam alias backlight.

Sebaliknya, ambil posisi di mana wajah Anda kena semburan cahaya. Dengan begitu, hasil selfie bakal memperlihatkan wajah yang terang dan berseri-seri.

Cahaya alami yang paling baik adalah sore menuju senja, di mana langit sedang jingga-jingganya. Di daerah persawaan di Tegal dan Salatiga, cahaya senjanya sangat apik untuk selfie, membuat warna kulit Anda akan tampak lebih dramatis dan hangat.

Jika Anda ingin selfie di malam hari atau di tempat minim cahaya, sebaiknya lengkapi kamera ponsel dengan lampu portable. Pada beberapa ponsel yang mengunggulkan kemampuan selfie, ada fitur yang dinamai screen-flash.

Fitur tersebut memungkinkan ponsel mengeluarkan cahaya dari layar ketika cahaya di sekitar kurang mendukung. Hasil selfie akan tetap terang, menyesuaikan dengan kebutuhan dan warna kulit Anda.

Baca: Memotret Obyek Wisata di Jalur Mudik dengan 4 Smartphone Kamera Ganda

Ketiga, sesuaikan porsi wajah. Untuk selfie dengan pemandangan yang apik, sebaiknya kurangi porsi wajah Anda dalam frame dan utamakan pemandangannya. Hal ini bisa dilakukan dengan memanjangkan tangan agar frame menangkap objek lebih luas.

Jika tak juga puas, beberapa vendor sudah membekali kamera ponsel dengan lensa wide-angle. Berkat lensa tangkapan lebar itu, Anda tak perlu lagi susah-susah memanjangkan tangan karena bidikannya tetap akan luas.

Keempat, pilih filter yang tepat. Filter merupakan salah satu faktor yang bisa menentukan kesuksesan hasil selfie. Namun, jangan sampai menggunakan filter secara berlebihan sehingga membuat hasil selfie terkesan palsu.

Beberapa aplikasi pengeditan foto yang menyediakan filter keren adalah VSCO dan Glitch. Jika Anda ingin hasil selfie terkesan sinematik dan artsy, bisa menggunakan VSCO.

Jika Anda ingin hasil selfie lebih unik dan hipster, Glitch bisa menjadi alternatif. Nah, untuk mempercantik foto dengan stiker maupun pewarnaan alias coloring yang apik, bisa menggunakan InShot.

Baca: Video: Shalat di Tegal Hingga Curhat ke Siri

Selamat mencoba !


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorDeliusno
Komentar