Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2017, Trafik Data Tri Meningkat 200 Persen

Kompas.com - 30/06/2017, 11:21 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Operator seluler Tri mencatat kenaikan trafik layanan data di momen Lebaran 2017. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, Tri mencatat peningkatan hampir 200 persen.

Sesuai dengan profil pelanggan Tri yang 70 hingga 80 persen adalah usia milenial dengan konsumsi layanan data yang tinggi, layanan data mendominasi lonjakan trafik data selama hari besar nasional ini dengan success rate hampir 100 persen.

Peningkatan penggunaan streaming video melalui YouTube meningkat hampir 60 persen dibandingkan hari biasa. Sementara aplikasi sosial media didominasi oleh penggunaan Instagram meningkat hampir 70 persen.

Penyampaian pesan melalui WhatsApp dan fitur Line Call mendominasi peningkatan trafik di layanan OTT. Penggunaan WhatsApp meningkat lebih dari 80 persen dan fitur call melalui aplikasi meningkat utamanya didominasi oleh Line Call yang meningkat 60 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa Telepon Sepuasnya Tanpa Kuota dan Pulsa dengan Line, WhatsApp dan WeChat disambut positif oleh pelanggan Tri.

Selain itu, layanan telepon dan SMS mengalami peningkatan dibanding trafik di hari biasa, tetapi tidak tinggi. Namun demikian layanan ini beroperasi dengan success rate hampir 100 persen.

Peningkatan trafik secara umum berlangsung sejak H-14 dan pada periode tersebut terjadi peningkatan yang sangat tinggi. Trafik kembali normal pada H-1. Peningkatan trafik data tertinggi terjadi di Purwokerto, Cirebon dan Balikpapan sejak H-4.

Secara garis besar, layanan komunikasi dan akses internet Tri beroperasi dengan normal tanpa kendala berarti selama bulan Ramadhan, arus mudik, hingga perayaan Idul Fitri, meski terjadi lonjakan trafik di semua layanan.

"Kami bersyukur pelanggan kami tidak mengalami kendala yang sangat berarti dalam mengunakan layanan kami selama mudik dan merayakan Idul Fitri," ujar Desmond Cheung, Chief Technology Officer (CTO) Tri Indonesia, dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Jumat (30/6/2017).

"Kami ucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan pelanggan kepada solusi komunikasi kami, juga selamat berlibur dan kembali ke kota masing-masing dengan selamat," ucap Cheung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com