Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Cabut Larangan Laptop untuk Penerbangan Asal Abu Dhabi

Kompas.com - 03/07/2017, 08:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pada Maret lalu, larangan membawa laptop dan perangan elektronik berukuran besar dalam kabin pesawat mulai diberlakukan untuk penerbanan langsung menuju Amerika Serikat (AS) dari 10 bandara di sejumlah negara Timur Tengah.

Belakangan, hari Minggu (2/7/2017) kemarin, pemerintah AS mulai melonggar dengan mencabut larangan tersebut, khusus bagi maskapai Etihad dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Etihad merupakan satu-satunya maskapai yang mengoperasikan penerbangan direct flight dari Abu Dhabi menuju Negeri Paman Sam, yakni sebanyak 45 penerbangan tiap pekan.

Juru bicara Department of Homeland Security AS, David Lapan, mengatakan bahwa alasan pencabutan larangan itu berkenaan dengan langkah-langkah ekstra untuk pengamanan penumpang yang telah diterapkan di bandara Abu Dhabi International Airport.

Baca: Efektifkah Larangan Bawa Laptop ke Pesawat Cegah Terorisme?

“Penumpang kini bisa membawa PED (perangkat elektronik pribadi) ke kabin dalam penerbangan langsung ke AS,” kicau Lapan lewat Twitter.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Senin (3/7/2017), larangan membawa perangkat elektronik dalam penerbangan langsung ke AS dari negara-negara Timur tengah selama ini mencakup gadget berukuran lebih besar dari smartphone, seperti laptop dan kamera yang dikhawatirkan bisa disisipi bom oleh teroris.

Selain  Abu Dhabi, negara lain yang ikut terkena imbas larangan itu adalah Mesir, Maroko, Yordania, Arab Saudi, Uni Arab Emirat, Kuwait, Qatar, dan Turki.

Baca: Umur Baterai Laptop Ternyata Tak Seperti yang Diiklankan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com