Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompasiana Luncurkan Tampilan Baru yang Lebih Segar

Kompas.com - 05/07/2017, 19:44 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPASIANA - Platform blog yang berada di bawah naungan Kompas.com, yakni Kompasiana, meluncurkan tampilan baru yang lebih segar dan memanjakan para penggunanya. Selain tampilan, terdapat juga beberapa fitur baru yang dapat memanjakan para pengisi konten Kompasiana.

Menurut Nurulloh, Content & Product Assistant Manager Kompasiana, peluncuran tampilan baru ini atas dasar komitmen Kompasiana untuk terus berinovasi. Pasalnya, tuntutan untuk memanjakan pengguna agar berinteraksi di Kompasiana semakin besar.

"Sebagai medium atau platform blog tempat berkumpulnya banyak pengguna, Kompasiana harus terus berinovasi. Salah satunya melalui penyegaran dari sisi tampilan. Bukan hanya supaya enak dilihat, melainkan juga ditujukan agar memudahkan. Enggak bikin bingung pengguna maupun pembaca," ujar Nurulloh melalui keterangan resminya.

Ia melanjutkan bahwa ada cukup banyak perbedaan yang dibawa oleh tampilan baru Kompasiana ini. Fitur-fitur tambahan pun akan dirilis secara bertahap agar pengguna Kompasiana --baik pembaca maupun penulis--dapat menyesuaikan diri dengan cepat.

"Salah satu fitur unggulannya ada pada laman profil pengguna. Sekarang kami sediakan fitur pencarian arsip konten berdasarkan tahun, kategori, dan lainnya. Fitur pertemanan dan chatting juga lebih dioptimalkan," ungkap Nurulloh.

Sejak kemunculan pertama pada 2008, Kompasiana sudah melewati lebih dari empat kali pengubahan tampilan. Ada yang sifatnya minor, yakni sekadar mengoptimasi dari tampilan sebelumnya, ada juga yang bersifat mayor dengan mengubah tampilan secara keseluruhan.

Tentu saja dalam proses perubahan ini tidak sedikit kendala yang ditemui, apalagi jika berbicara masalah interaksi pengguna ketika proses peralihan dari tampilan lama ke tampilan baru berlangsung. Kendati demikian, proses peralihan tetap berjalan dengan lancar.

"Kalau untuk migrasi tampilan lama ke yang baru tidak lebih dari satu bulan. Namun, jika dihitung mulai dari riset dan proses kreatifnya ya lebih dari sebulan," kata Nurulloh.

Kompasiana memang tak hanya muncul dengan tampilan teranyar, tapi juga dengan mesin yang mampu menopang Kompasiana baru jauh lebih baik.

Beberapa fitur baru yang terlihat di halaman depan Kompasiana adalah adanya artikel utama dengan tampilan sliding bar. Ini adalah tata letak baru dari artikel pilihan utama atau headline Kompasiana.

Kemudian ada juga menu Kompasianer Pilihan. Menu ini membantu para penulis (blogger) di Kompasiana untuk semakin menguatkan personal branding yang mereka miliki. Menu ini dipilih secara berkala oleh tim Kompasiana berdasarkan keunikan, popularitas dan daya tarik utama dari si penulis tersebut.

Ada pula fitur Label Populer, fitur ini berada pada bagian kanan bersanding dengan menu-menu lainnya. Fitur ini berfungsi untuk mengetahui label mana yang tengah populer atau trending topic di Kompasiana.

Semua perubahan ini diharapkan dapat memberi pengalaman baru serta kenyamanan pada para pengguna Kompasiana. Tampilan dan mesin baru Kompasiana ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk berinteraksi dan mengonsumsi segala jenis konten yang tersaji.

"Apalagi, kami secara bertahap akan merilis banyak fitur, menu dan fasilitas lainnya yang akan memberikan nilai tambah dan benefit tersendiri bagi para pengguna. Biar mereka betah dan kualitas serta kuantitas terus terjaga bahkan lebih baik," ujar Nurulloh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com