Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara "Unlock" Laptop Windows 10 dengan Ponsel Galaxy S8

Kompas.com - 06/07/2017, 09:21 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Samsung telah memperbarui aplikasi “Flow” buatannya. Kini, aplikasi itu bisa digunakan untuk membuka kunci alias unlocking perangkat-perangkat bersistem operasi Windows 10.

Sebelum melangkah ke tata caranya, perlu dicatat bahwa hanya sebagian ponsel Samsung yang kompatibel untuk unlocking perangkat Windows 10. Mereka adalah Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus, S7 dan S7 Plus, S6 dan S6 Edge, Note 5, A5, A7, dan Tab S3.

Ponsel-ponsel yang kompatibel itu harus berjalan pada sistem operasi Android Marshmallow ke atas. Khusus bagi tablet Samsung, sistem operasinya harus diperbarui ke Android Nougat, sebagaimana dilaporkan Hothardware dan dihimpun KompasTekno, Kamis (6/7/2017).

Selain itu, perangkat Windows 10 yang akan di-unlock juga wajib mengaktifkan Windows Hello versi terbaru. Windows Hello merupakan fitur keamanan bawaan pada sistem operasi teranyar Microsoft.

Jika ponsel Samsung Anda kompatibel dan perangkat Windows 10 sudah aktif dengan Windows Hello, barulah bisa beranjak ke tata cara unlocking Windows 10 dengan ponsel Samsung sebagai berikut.

Pertama, instal aplikasi Samsung Flow di ponsel Samsung yang kompatibel dan di perangkat Windows 10. Aplikasi itu tersedia di Google Play Store maupun Windows Store.

Selanjutnya, buka aplikasi Samsung Flow di kedua perangkat. Pada perangkat Windows 10, pilih opsi untuk memasangkan alias pair dengan ponsel Samsung.

Anda akan diminta mengonfirmasi passcode untuk kedua perangkat. Jika sudah, Bluetooth pada ponsel Samsung dan perangkat windows 10 artinya sudah terhubung.

Setelah itu, klik tombol “register device” pada Windows 10 dan kembali konfirmasi passcode untuk kedua perangkat. Setel PIN dan fingerprint Anda pada ponsel atau tablet Samsung Galaxy. Perangkat Windows 10 sudah bisa dibuka menggunakan ponsel atau tablet Samsung dengan fingerprint.

Baca: Samsung Galaxy S8 dan LG G6 Dibanting, Kuat Mana?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com