Ada "Panic Mode" Tersembunyi di Android, Apa Fungsinya? - Kompas.com

Ada "Panic Mode" Tersembunyi di Android, Apa Fungsinya?

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 11/07/2017, 14:28 WIB
Ilustrasi malware di Android.Ist Ilustrasi malware di Android.

KOMPAS.com - Google diam-diam menambah fitur yang disebut "Panic Mode" di versi Android Nougat terbaru, yakni 7.1. Fitur ini disembunyikan oleh Google. Apa fungsi mode ini dan mengapa Google menyembunyikannya?

Panic Mode di Android 7.1 "Nougat", dikutip KompasTekno dari BGR, Selasa (11/7/2017), akan memberi peringatan secara otomatis saat pengguna terancam bahaya.

Ancaman bahaya yang dimaksud bukan ancaman di dunia nyata, seperti ditodong atau menghadapi bencana alam. Melainkan ancaman dari dunia maya, yakni malware.

Ya, Panic Mode yang ditambahkan Google di Android 7.1 Nougat adalah fitur anti-malware. Fitur ini bisa membantu pengguna kembali ke Home screen saat aplikasi berbahaya membajak layar pengguna.

Bukan hanya membantu kembali ke layar utama smartphone saja, fitur Panic Mode juga bakal menghapus aplikasi berbahaya tersebut dari smartphone.

Google awalnya menyembunyikan fitur ini di dalam baris kode sistem Android, namun sejumlah pengembang di forum XDA Developers menemukannya.

Alasan mengapa Google menyembunyikannya bisa jadi karena mereka tidak ingin fitur itu diketahui oleh para peretas jahat dengan mudah, sehingga hacker bakal kesulitan untuk menyerangnya saat malware baru dirilis.

Untuk mengetahui bagaimana detil cara Panic Mode bekerja, kunjungi tautan berikut ini.

Baca: Kaspersky Lab Sebut Petya Bukan Virus Penyandera Data

PenulisReska K. Nistanto
EditorDeliusno
SumberBGR,
Komentar
Close Ads X