Salah Pencet, iPhone Hasilkan Foto "Ujung Dunia" - Kompas.com

Salah Pencet, iPhone Hasilkan Foto "Ujung Dunia"

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 11/07/2017, 18:29 WIB
Foto ujung duniaPetaPixel Foto ujung dunia

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu sempat beredar hasil jepretan kamera yang menunjukkan seseorang berlayar hingga ke “ujung dunia”. Sekarang terungkap ternyata foto tersebut hanyalah kekeliruan belaka.

Foto “ujung dunia” memperlihatkan dua orang yang sedang berlayar dalam perahu di sungai John di Jacksonville, AS. Namun, laut tersebut terlihat memiliki ujung, yakni bagian yang patah serta mengalir ke bawah layaknya air terjun.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Selasa (11/7/2017), gambar tersebut kemudian menjadi viral dan sempat disebut sebagai foto “ujung dunia”.

Padahal, sebenarnya tidak demikian. Foto sungai tersebut menjadi patah dan seolah memperlihatkan bagian "ujung dunia" karena masalah lain.

Baca: Dummy iPhone 8 Nongol di Video, Seperti Apa Bentuknya?

Kedua orang dalam perahu tersebut adalah Bobby dan temannya yang disebut G. Sementara itu, di dermaga berdiri istri G yang berusaha memotret Bobby dan G.

Istri G menggunakan iPhone 7 untuk mengabadikan gambar. Alih-alih mendapatkan foto dokumentasi yang bagus, ternyata hasilnya justru tampak sebagai foto sungai yang patah di bagian ujungnya.

Penampakan inilah yang kemudian membuat Bobby dan G kelihatan seolah sedang berlayar menuju ujung dunia.

Bobby awalnya menduga kerusakan foto tersebut disebabkan malfungsi pada kamera iPhone. Tapi penelusuran lebih lanjut ternyata mengungkap hal lain sebagai penyebabnya.

“Ini masih masuk akal, peristiwa yang terjadi adalah dia memegang smartphone dalam posisi portrait, menekan tombol shutter dan tanpa sadar memulai mode panorama,” ujar Bobby

“Setelah menekan tombol itu, dia memutar smartphone ke dalam posisi landscape dan langung menekan tombol shutter. Tapi yang terjadi adalah mode panorama terhenti dan menghasilkan gambar itu,” imbuhnya.

Pernyataan tersebut mengonfirmasi bahwa mereka tidak berada di "ujung dunia" atau di tepi air terjun. Foto tersebut semata-mata hanyalah kesalahan pengoperasian kamera iPhone.

Di media sosial, foto ini banyak dibagikan netizen dengan tambahan keterangan, ini bukti bahwa bumi berbentuk datar. Tentu saja dengan nada guyon meski ada juga yang menanggapinya dengan serius.

Baca juga: Hilang 2 Tahun, GoPro Ini Ungkap Pemandangan Luar Biasa

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto
SumberPetaPixel,

Komentar
Close Ads X