Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berakhirnya Era Windows Phone

Kompas.com - 12/07/2017, 09:24 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft resmi menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi mobile buatannya, Windows Phone 8.1, terhitung mulai 11 Juli 2017. Hal ini menandai berakhirnya era Windows Phone.

Pengumuman penghentian dukungan terhadap Windows Phone 8.1 itu sendiri dilakukan Microsoft di situs resminya, Rabu (12/7/2017).

Windows Phone 8.1 adalah update besar-besaran Microsoft yang diberikan untuk Windows Phone 8, termasuk penambahan asisten digital Cortana, antarmuka baru, notifikasi, dan update core mobile OS.

Upaya itu merupakan salah satu upaya besar Microsoft. Namun sayangnya Windows Phone 8.1 kalah bersaing dengan Android dan iOS.

Data yang dirilis oleh Gartner menyebut 99,6 persen smartphone baru yang diluncurkan ke pasar kini menggunakan Android dan iOS. Microsoft sendiri telah berhenti memproduksi smartphone berbasis Windows Phone dengan brand Lumia.

Saat ini, dikutip KompasTekno dari The Verge, masih ada 80 persen smartphone ber-OS Windows yang menjalankan gabungan OS Windows Phone 7, Windows Phone 8, atau Windows Phone 8.1. Semua perangkat tersebut kini tidak lagi mendapat dukungan Microsoft.

Masih ada Windows 10 Mobile

Sementara 20 persen sisanya menjalankan OS Windows 10 Mobile. OS ini masih didukung oleh Microsoft, namun belum diketahui update apa yang akan diberikan untuk Windows 10 Mobile di masa depan.

Rumor yang beredar menyebut Microsoft mempertahankan Windows 10 Mobile seperti apa adanya hingga dukungannya berakhir pada 2018 mendatang.

CEO Microsoft Satya Nadella saat memberikan arahan visi misi Microsoft di masa depan, menyebutkan strategi "mobile-first, cloud-first."

Fokus bisnis di kedua area ini membuat Microsoft membuat skenario multi-device dan teknologi yang menggunakan cloud yang tidak selalu melibatkan Windows.

Strategi mobile Microsoft pun nampaknya kini tak lagi melibatkan Windows Phone, melainkan membuat peranti iOS dan Android menjadi lebih baik, seperti dukungan solusi Microsoft yang sama di semua jenis perangkat mobile.

Baca: Windows Phone Diramal Punah Empat Tahun Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com