Elon Musk Beli X.com, Domain Bersejarah dari Startup Keduanya - Kompas.com

Elon Musk Beli X.com, Domain Bersejarah dari Startup Keduanya

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 12/07/2017, 10:22 WIB
Chairman dan CEO Tesla Motors Elon Musk.carnewscafe.com Chairman dan CEO Tesla Motors Elon Musk.

KOMPAS.com - Hak milik nama domain X.com akhirnya kembali ke tangan sang empunya sebelumnya, Elon Musk. Domain tersebut merupakan sesuatu yang bersejarah karena pernah dipakai sebagai domain dari startup kedua Musk.

Domain X.com sebenarnya sudah lama tidak digunakan dan berada dalam kepemilikan PayPal, yakni perusahaan keuangan tempat Musk bekerja dulu. Musk kemudian membeli domain tersebut dari tangan PayPal.

“Kami bahagia telah berhasil menjual domain X.com kembali ke tangan pemilik sebelumnya, Elon Musk,” ujar juru bicara PayPal mengonfirmasi pembelian itu.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (12/7/2017), X.com awalnya merupakan layanan keuangan online yang didirikan oleh Musk pada 1999 silam.

Setahun setelah didirikan, X.com merger dengan Confinity, sebuah perusahaan yang mengelola layanan transfer uang PayPal. Pada masa merger ini, para investor dan dewan perusahaan sepakat bahwa X.com lebih terkenal ketimbang Confinity.

Meskipun demikian, bukan nama X.com yang lantas digunakan. Keseluruhan perusahaan justru dilabeli ulang sebagai PayPal. Peristiwa ini terjadi pada 2001, sekitar setahun setelah Musk meninggalkan perusahaan karena berbeda pendapat dengan direksi lain.

Sekarang Musk sudah menjadi miliarder yang mengelola perusahaan Tesla, SpaceX, dan SolarCity. Hartanya memungkinkan Musk untuk membeli berbagai hal yang dia inginkan, termasuk domain X.com.

PayPal memang enggan menyebutkan berapa harga yang harus dibayar Musk untuk kembali memiliki X.com. Namun bisa dipastikan bahwa harga tersebut sama sekali tidak murah.

Musk belum mengungkap tujuannya membeli domain lama itu. Bisa jadi dia membeli karena domain itu bagian dari sejarahnya, memakainya sebagai situs resmi salah satu produk Tesla, yakni Model X, atau bisa juga dipakai untuk merek baru SpaceX. Tapi sementara waktu ini, belum ada kejelasan mengenai tujuan itu.

Baca: Super Sibuk, Ini yang Dilakukan Elon Musk Kala Senggang

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorDeliusno
SumberThe Verge

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM