Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Tragis Gadis 14 Tahun Tewas Kesetrum Smartphone Saat Mandi

Kompas.com - 12/07/2017, 20:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Gadis berumur 14 tahun bernama Madison Coe ditemukan meninggal dalam keadaan tenggelam di bak kamar mandi ayahnya di Lovington, New Mexico, Amerika Serikat, pada Senin (10/7/2017) pekan ini.

Di tangan Coe ditemukan luka bakar yang memicu asumsi bahwa gadis tersebut tersetrum listrik. Ada dua skenario yang diduga kuat menimpa Coe.

Pertama, gadis yang baru lulus tingkat 8 sekolah menengah itu diduga memasang charger ponselnya ke stop kontak dalam keadaan basah. Kedua, ia mengambil ponselnya yang sudah ter-charge sebelumnya dalam keadaan basah.

Bagaimanapun skenarionya, Coe diyakini meninggal gara-gara tubuhnya memediasi hasil pertemuan listrik dan air, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (12/7/2017).

Baca: Benarkah Main Ponsel Saat Hujan Bisa Tersambar Petir?

Nenek dari Coe bernama Donna O’Guin mengimbau masyarakat agar terus mengingatkan ke anak-anak sejak dini bahwa air dan listrik tak boleh bertemu.

Melalui postingan di Facebook, pihak keluarga Coe menyebar pesan tentang bahaya perangkat elektronik yang terhubung listrik di dalam kamar mandi.

“Ini adalah tragedi yang jangan sampai terjadi ke orang lain. Jangan gunakan ponsel di kamar mandi, baik dalam keadaan ter-charge atau terpasang dengan listrik,” begitu pesan keluarga yang tersebar di Facebook.

“Banyak orang di luar sana yang kami tak kenal dan barangkali tak akan ketemu. Semoga pesan ini sampai ke mereka dan membaginya ke lebih banyak orang untuk melindungi anak-anak dan juga orang dewasa. Kami tak ingin kehilangan siapa-siapa (lagi),” tertulis sebagai penutup pesan itu.

Ini adalah peringatan sekali lagi soal bahaya setruman listrik akibat kontak dengan air. Bahkan ketika ponsel Anda diklaim anti-air dan bersertifikasi IP67 maupun IP68, sebaiknya jangan ambil risiko dan jauhkan ponsel yang terkontak listrik dari kamar mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com