Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Lenovo, HP Rajai Pasar PC Dunia

Kompas.com - 13/07/2017, 09:57 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - HP Inc. mengambil alih posisi Lenovo sebagai produsen PC nomor satu dunia di kuartal dua 2017 ini. Prestasi HP ini mengakhiri rekor empat tahun berturut-turut Lenovo sebagai pemimpin pasar PC dunia.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Kamis (13/7/2017), HP menguasai pangsa pasar PC dunia sebesar 20,8 persen, sementara Lenovo 19,9 persen. Data tersebut diperoleh dari riset Gartner.

HP berhasil meningkatkan pengiriman PC lebih cepat dibanding kompetitor, meningkat 3,3 persen menjadi 12,7 juta unit. Selama lima kuartal berturut-turut, pertumbuhan year-over-year HP juga terus naik.

"Menjadi nomor satu di pasar bukan tujuan utama kami," kata Ron Coughlin, President Global Personal System HP Inc.

Coughlin menambahkan, alih-alih meningkatkan pangsa pasar dengan mengorbankan profit, HP lebih fokus ke segmen yang menjanjikan, seperti gaming dan laptop konvertibel.

Pengiriman PC Lenovo sendiri turun 8,4 persen pada kuartal kedua 2017 ini. Menurut Gartner, hal itu disebabkan oleh harga komponen yang semakin tinggi. Kuartal sebelumnya, pangsa pasar Lenovo dan HP hampir setara.

Juru bicara Lenovo sendiri mengklaim bisnis PC-nya tetap memberikan profit yang sehat dan pangsa pasarnya semakin stabil. Perusahaan PC asal China itu kini fokus di segmen yang cepat berkembang, seperti gaming dan perangkat lepas-pasang.

Dell tetap menjadi pemain PC terbesar ketiga dunia dengan pangsa pasar 14,7 persen. Apple Inc. menyusul di belakangnya dengan raihan 7 persen, unggul tipis dari AsusTek Computer.

Baca: Ini Alasan Komputer Mac Jarang Kena Virus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com