Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Isi Komputer Kini Bisa Disimpan di Google

Kompas.com - 13/07/2017, 18:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Google akhirnya resmi merilis aplikasi desktop Backup and Sync. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat dipakai untuk menyimpan salinan seluruh data dalam Mac atau PC milik pengguna.

Aplikasi Backup dan Sync dibuat dengan tujuan menggantikan fungsi Google Photos dan Google Drive yang selama ini digunakan di Mac atau PC. Dengan kata lain, aplikasi baru itu mengombinasikan kemampuan dasar kedua aplikasi lama, sehingga pengguna tak perlu lagi memasang dua aplikasi lagi.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (13/7/2017), Backup and Sync memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah dioperasikan. Setelah memasangnya, pengguna cukup memilih folder komputer mana yang ingin terus menerus disalin ke dalam layanan Google Drive.

Pengguna pun tidak perlu khawatir Backup and Sync akan mengubah berbagai pengaturan yang sudah dipasang pada Google Drive. Pasalnya, aplikasi Backup and Sync ini otomatis mengikuti pengaturan yang sudah ada di Google Drive.

Baca: Ini Alasan Komputer Mac Jarang Kena Virus

Selain bisa digunakan untuk membuat salinan seluruh data dalam Mac dan PC, aplikasi Backup and Sync juga bisa dipakai untuk membuat salinan foto dari berbagai perangkat. Misalnya kamera atau kartu SD.

Setelah salinan data Mac atau komputer selesai diletakkan di Backup and Sync, maka pengguna bisa dengan mudah mengakses data itu lewat berbagai perangkat genggam.

Sementara itu, foto dan video akan ada di dalam aplikasi Google Photos. Kualitas foto pun bisa disesuaikan antara mengunggahnya dalam kualitas orisinil atau hanya dalam keadanan berkualitas tinggi.

Kemudian, ada satu catatan yang mesti diperhatikan. Pengguna kelas bisnis, yakni pemakai G Suite, disarankan untuk tidak mengunduh Backup and Sync ini sekarang.

Pasalnya Google sedang mengembangkan solusi baru untuk pengguna kelas enterrise. Solusi yang dimaksud disebut debagai Drive File Stream.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com