Xiaomi Berencana Buka 2.000 Toko Offline, Indonesia Kebagian? - Kompas.com

Xiaomi Berencana Buka 2.000 Toko Offline, Indonesia Kebagian?

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 14/07/2017, 08:03 WIB
Boneka maskot Xiaomi pun dipajang di Mi HomeKOMPAS.com/Reza Wahyudi Boneka maskot Xiaomi pun dipajang di Mi Home

KOMPAS.com - Xiaomi sedang menggodok rencana untuk membuka 2.000 toko offline Mi Home di seluruh dunia. Pembukaan toko tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan rekan atau mengoperasikannya sendiri.

Rencana pembukaan 2.000 Mi Home itu diungkap oleh Senior Vice President Global Xiaomi, Wang Xiang, dalam sebuah wawancara. Harapannya, dengan membuka toko offline, perusahaan smartphone ini bisa memperluas jangkauannya ke luar China.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari GizmoChina, Kamis (12/7/2017), Xiaomi membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk membuka 2.000 Mi Home tersebut. Rencananya sebanyak 1.000 toko akan dibuka di China, sedangkan 1.000 lainnya dibuka di berbagai negara lain di luar China.

Menurut Wang, negara yang akan jadi fokus pembangunan Mi Home itu antara lain berada wilayah Asia Tenggara yang masih dekat dengan China. Misalnya Filipina, serta kawasan Eropa Timur.

Sekarang pun Xiaomi sudah berhasil masuk ke negara seperti Rusia, Uni Emirat Arab, dan Mesir. Bahkan perusahaan asal China ini memiliki fasilitas produksi di India serta Indonesia.

Bagaimana dengan Indonesia? Wang tidak menyebutkan secara pasti apakah Xiaomi akan mendirikan Mi Home di Indonesia. Yang pasti, saat ini Xiaomi sudah membuka Mi Concept Store di Tanah Air.

Toko yang dibangun bersama PT Erafone Artha Retailindo itu menjual berbagai aksesori dan gadget bikinan Xiaomi. Dengan modal seperti itu, ditambah fasilitas produksi, ada kemungkinan perusahaan asal China itu melirik Indonesia untuk membuka Mi Home yang lebih lengkap.

Jika rencana pembukaan toko offline itu terwujud, para pengguna perangkat buatan Xiaomi akan diuntungkan dengan kehadiran gerai serta kemudahan akses berbagai layanan pendukung di negaranya.

Produk yang bakal ditampilkan di Mi Home pun tak hanya berkisar pada smartphone saja. Ada berbagai peralatan smart home yang Xiaomi miliki dan bakal dipamerkan melalui toko offline tersebut, misalnya smart fitness bands, smart scooter, smart air purifier, water purifier, dan lain-lain.

Baca: Belanja Impulsif Produk Xiaomi di Mi Home Beijing

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorDeliusno
SumberGizmochina,

Komentar
Close Ads X