Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo Berhenti Bikin Konsol New 3DS

Kompas.com - 14/07/2017, 14:32 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Kehadiran Switch ternyata berdampak pula untuk konsol Nintendo lainnya. Melalui situs resminya di Jepang, Nintendo mengumumkan akan menghentikan produksi dari konsol portable New 3DS.

Nintendo mungkin merasa tidak membutuhkan konsol New 3DS lagi karena Switch bisa berperan sebagai konsol pada umumnya dan handheld sekaligus. Sangat logis apabila Nintendo lebih fokus menjual dan mengembangkan Switch dibandingkan konsol lawas semacam New 3DS.

Penghentian produksi New 3DS sendiri tidak dianggap sebagai kabar yang mengejutkan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ubergizmo, Jumat (14/7/2017). Pasalnya, konsol ini sudah berumur tiga tahun dan tingkat penjualannya pun tidak sebagus konsol portable Nintendo lainnya, 2DS XL.

Tanda-tanda bahwa Nintendo akan melupakan New 3DS XL sudah tampak sejak ajang E3 2017 yang baru saja berakjir. Kala itu, perusahaan asal Jepang itu hanya mengumumkan tiga judul game baru untuk konsol tersebut.

Baca: Uji Tangguh Nintendo Switch, Terjun Bebas dari Ketinggian 300 Meter

Meski menghentikan produksi New 3DS, Nintendo belum mengumumkan akan menghentikan juga produksi dari 3DS XL. Namun, melihat bahwa tren sudah bergerak ke arah Switch, tampaknya tidak butuh waktu lama untuk melihat konsol "saudara" New 3DS itu mengalami hal yang sama.

New Nintendo 3DS merupakan anggota keluarga keempat dari Nintendo 3DS. Sebelumnya, Nintendo sudah merilis 3DS orisinal, 3DS XL, dan 2DS.

Di konsol versi baru tersebut, Nintendo menghadirkan prosesor dan RAM yang lebih kencang, analog pointing stick, dan tambahan tombol lainnya. Ada juga penambahan NFC di perangkat New 3DS ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com