Dibongkar, Ini Jeroan Galaxy Note 7 Rekondisi - Kompas.com

Dibongkar, Ini Jeroan Galaxy Note 7 Rekondisi

Oik Yusuf
Kompas.com - 15/07/2017, 13:55 WIB
Ilustrasi pembongkaran Galaxy Note FE oleh iFixit.iFixit Ilustrasi pembongkaran Galaxy Note FE oleh iFixit.

KOMPAS.com - Bulan ini, Samsung merilis Galaxy Note FE di Korea Selatan. Smartphone tersebut tak lain merupakan Galaxy Note 7 yang direkondisi dan dipastikan aman sehingga bisa dijual kembali.

Di mana letak perbedaan Galaxy Note FE dan Galaxy Note 7? Untuk menemukan jawabannya, ahli bongkar gadget iFixit mempreteli Galaxy Note FE dan membandingkan isi perut perangkat itu dengan Galaxy Note 7.

Dari sini ditemukan bahwa perbedaan utama antar kedua ponsel adalah unit baterai baru yang tertanam pada Galaxy Note FE.

Kapasitas unit baterai milik Galaxy Note FE diturunkan menjadi 3.200 mAh dengan total daya 12,32 Wh, dari sebelumnya 3.500 mAh pada Galaxy Note 7 dengan total daya 13,48 Wh.

Penurunan kapasitas baterai sebesar 9 persen ini disinyalir untuk memastikan agar baterai Galaxy Note FE tidak rawan terbakar seperti baterai Galaxy Note 7 dulu.

Perbedaan lain yang tak terlalu kentara, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechTimes, Sabtu (14/7/2017), adalah pola antena di kedua perangkat.

Selebihnya, Galaxy Note FE dan Galaxy Note 7 terbilang identik. Prosesornya tetap menggunakan Exynos 8890 dengan RAM LPDDR4 sebesar 4 GB.

Unit baterai Galaxy Note FE (kiri) dan baterai Galaxy Note 7.iFixit Unit baterai Galaxy Note FE (kiri) dan baterai Galaxy Note 7.
“Selain baterai, ini (Galaxy Note FE) merupakan perangkat yang sama (dengan Galaxy Note 7). Tak ada prosesor baru yang dirumorkan sebelumya, tak ada kejutan,” tulis iFixit dalam laman pembongkarannya.

Samsung kabarnya hanya menyiapkan Galaxy Note FE yang namanya merupakan kependekan dari “Fan Edition” sebanyak 400.000 unit.

Belum diketahui apakah perangkat rekondisi tersebut juga akan dijual di luar Korea Selatan atau tidak.

Baca: Galaxy Note 7 Rekondisi Dijual di Luar Korsel, Indonesia Kebagian?


PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
SumberTechtimes
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM