Wanita Selfie Bikin Rusak Karya Seni Rp 2,66 Miliar - Kompas.com

Wanita Selfie Bikin Rusak Karya Seni Rp 2,66 Miliar

Yoga Hastyadi Widiartanto
Kompas.com - 15/07/2017, 16:17 WIB
Hypercaine, seni instalasi hasil kolaborasi antara seniman Simon Birch, Gabriel Chan, Jacob Blitzer serta Gloria Yu.Hyperallergic Hypercaine, seni instalasi hasil kolaborasi antara seniman Simon Birch, Gabriel Chan, Jacob Blitzer serta Gloria Yu.

KOMPAS.com - Selfie dengan karya seni memang suatu kegiatan yang menyenangkan. Hasil fotonya pun bergengsi dan layak dipamerkan. Tapi jangan terlalu memaksakan diri mengambil sudut yang menarik.

Pasalnya, kegiatan tersebut juga berpotensi merugikan banyak orang. Contohnya, selfie yang dilakukan seorang wanita di pameran karya seniman Hongkong, Simon Birch.

Alih-alih mendapatkan selfie yang cantik dan memperlihatkan ketinggian cita rasa seninya, wanita itu justru menghancurkan karya Birch. Bahkan kerugian akibat selfie yang sembrono ini ditaksir mencapai 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,66 miliar.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmodo, Jumat (14/7/2017), selfie yang dilakukan wanita tersebut terekam oleh kamera pengawas yang ada dalam ruangan.

Awalnya terlihat seorang wanita berpakaian hitam sedang memotret objek berbentuk mahkota yang diletakkan berderet di atas kotak tumpuan.

Objek tersebut merupakan karya instalasi berjudul Hypercaine, hasil kolaborasi antara Birch, Gabriel Chan, Jacob Blitzer serta Gloria Yu. Bahan pembuatnya bervariasi, mulai dari kayu, niloon, logam bekas, hingga emas dan pualam.

Wanita berpakaian hitam ini hanya memotret saja, lalu mundur. Sementara itu, seorang wanita lain yang tampaknya memakai baju berwarna krem, bergerak mendekat ke arah tumpuan mahkota tersebut.

Wanita berbaju krem ini kemudian duduk dan bersandar pada salah satu penumpu Hypercanine. Seketika tumpuan tersebut ambruk dan menimpa tumpuan karya lainnya yang disusun berderat; mirip dengan kartu domino yang jatuh berurutan.


Pasca peristiwa tersebut diketahui bahwa ada total tiga benda seni yang rusak total, dan ada juga lainnya dengan tingkat kerusakan bervariasi.

“Tiga patung di sana rusak permanen dan patung lainnya mengalami tingkat kerusakan bervariasi. Kerugian dari peristiwa ini kira-kira mencapai 200.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,66 miliar,” terang Yu, salah satu seniman yang terlibat dalam Hypercaine.

Karya Birch ditampilkan di The 14th Factory, Los Angeles. Selain Birch, pameran ini juga menampilkan karya dari 20 seninman lain, di dalam 14 ruangan.

Sekadar diketahui, selama ini sudah banyak kabar mengenai rusaknya suatu karya seni akibat selfie yang sembrono. Selain Hypercaine hasil kolaborasi Birch, sebelumnya masalah serupa juga sempat terjadi di pameran seniman Jepang Yayoi Kusama.

Di pameran Kusama, seorang pengunjung yang sedang selfie bertindak sembrono dan merusak patung Labu Kusama hingga patung berusia ratusan tahun.

Peristiwa ini baiknya menjadi pelajaran bagi pengunjung pameran seni agar tidak sembrono mengambil foto selfie. Setidaknya, satu hal yang harus selalu diingat, jangan sembarangan menyentuh karya yang sedang dipamerkan.

Baca: Demi Selfie Semata, Kebun Bunga Amaryllis Merana

PenulisYoga Hastyadi Widiartanto
EditorReska K. Nistanto
SumberGizmodo

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM