Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Siapkan Headset VR Murah Meriah?

Kompas.com - 16/07/2017, 15:00 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Harga tinggi adalah salah satu hal yang menghalangi adopsi headset virtual reality (VR) oleh masyarakat luas. Oculus Rift, misalnya, dibanderol 400 dollar AS (Rp 5,3 juta) dan mesti dipasangkan dengan PC kelas atas berharga mahal pula.

Sebab itulah Facebook -sang empunya Oculus- kabarnya sedang mengembangkan headset VR model baru yang bakal dihargai terjangkau. Headset itu dikatakan juga bisa bekerja secara mandiri alias tidak butuh terhubung ke PC atau smartphone.

Saat ini di pasaran terdapat dua jenis headset VR. Pertama, memanfaatkan smartphone sebagai player virtual reality macam Samsung Gear VR (130 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta). Jenis kedua merupakan headset untuk gaming high-end macam Oculus Rift.

Nah, headset VR baru yang tengah dikembangkan Facebook nantinya akan berada di antara dua kategori itu. Harganya bisa dipatok di kisaran 200 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta.

Juru bicara Oculus, Alan Cooper, menolak berkomentar ketika ditanyai. 

“Tidak ada produk yang akan diluncurkan saat ini, tetapi kami bisa mengatakan sedang melakukan investasi teknologi yang signifikan di kategori VR stand-alone,” ujar Cooper, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Minggu (16/7/2017).

Sumber yang dikutip Bloomberg menyebutkan bahwa headset VR baru Facebook berkode nama “Pacific”. Bentuknya lebih ringkas dari Rift dan lebih ringan dari Gear VR karena memakai chip mobile Snapdragon dari Qualcomm.

Headset VR ini kabarnya baru akan dirilis pada 2018 mendatang. Facebook turut disinyalir bakal menggandeng Xiaomi sebagai rekanan manufaktur.

Baca: Headset VR Baru Samsung Tak Butuh Smartphone?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com