Layanan Internet XL Dikeluhkan Bermasalah sejak Minggu Pagi - Kompas.com

Layanan Internet XL Dikeluhkan Bermasalah sejak Minggu Pagi

Reza Wahyudi
Kompas.com - 16/07/2017, 20:36 WIB
Teknisi sedang melakukan perawatan BTS XL di YogyakartaXL Axiata Teknisi sedang melakukan perawatan BTS XL di Yogyakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelanggan operator seluler XL Axiata (XL) di sejumlah daerah di Indonesia mengeluhkan layanan internet yang bermasalah. Penurunan kualitas jaringan internet XL dirasakan pengguna sejak Minggu (16/7/2017) pagi.

Sejumlah keluhan yang ditujukan ke akun Twitter XL, @myXL dan @myXLCare, menyampaikan kendala saat mengakses internet. Baik browsing web, membuka media sosial, dan menonton video streaming YouTube.

Bermasalahnya layanan internet XL ini ternyata masih berlanjut hingga Minggu malam. Saat dicoba KompasTekno, Minggu pukul 20.30 WIB, pesan WhatsApp yang masuk dan keluar tertunda (pending) beberapa saat. Menonton video YouTube sama sekali tidak bisa dilakukan.

Untuk membuka situs web hanya situs-situs lokal saja yang lancar dibuka. Saat dicoba membuka sejumlah situs luar sangat lambat.

Pantauan KompasTekno, pelanggan XL yang mengeluhkan masalah ini merata di sejumlah daerah, mulai dari Jakarta, Purwakarta, Cirebon, Bandung, Surabaya, Malang, hingga Denpasar.

"Jaringan XL untuk internet di kota Jogjakarta malam ini kenapa lambat sekali ya," keluh pengguna Twitter, Vicky.

Layanan internet XL memang tidak sepenuhnya tumbang. Hanya saja kecepatan internetnya sangat lambat. "XL makin malam makin lemot, 4G kayak berasa 2G," tulis pengguna Twitter @andiancha_17, Minggu malam.

Keluhan-keluhan lambatnya internet ini direspon oleh admin Twitter @myXLCare dengan jawaban standar tanpa memerinci penyebab masalah. Jawaban"Hi kak, maaf ditunggu updatenya ya, tim terkait sedang menangani hal ini ya. Thanks." selalu digunakan akun Twitter XL untuk menjawab keluhan pengguna Minggu malam ini.

Pihak XL Axiata saat dihubungi, mengatakan sudah mengetahui permasalahan ini. Namun belum mereka belum bersedia memberikan pernyataan lebih lanjut.

Update: XL telah memberikan pernyataan kepada KompasTekno, Minggu pukul 21.30 WIB. Dalam pernyataan tertulis, XL meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyaman sehubungan dengan adanya gangguan jaringan yang terjadi hari ini.

"Jaringan kami ke arah internasional sedang mengalami sedikit gangguan sehingga menyebabkan sebagian pelanggan di beberapa lokasi mengalami penurunan kualitas dalam melakukan akses data. Kami terus berupaya untuk melakukan perbaikan, dan kami berharap jaringan akan kembali normal secepatnya," ujar General Manager Corporate Communication PT XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

Baca: Jaringan Internet XL Kembali Normal

PenulisReza Wahyudi
EditorReza Wahyudi

Komentar
Close Ads X