Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis-jenis Konektor Baru Pengganti USB

Kompas.com - 17/07/2017, 20:38 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Dengan semakin banyaknya vendor-vendor gadget yang mengadopsi tipe konektor jenis baru, benarkah konektor USB kini telah usang dan bakal segera ditinggalkan?

Port USB tradisional sudah lazim dipakai selama 20 tahun sejak pertama kali dikenalkan. Port ini biasa dipakai untuk menghubungkan beragam gadget, seperti kamera, controller, dan sebagainya.

Namun seiring kebutuhan yang meningkat, seperti kecepatan transfer dan isi ulang daya yang lebih cepat, teknologi konektor baru dikenalkan. Seperti USB-C, Thunderbolt, dan Lightning.

Masing-masing port memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda ingin upgrade perangkat atau gadget baru di tahun 2017 ini, ada baiknya mengenal tipe-tipe konektor yang kini mulai populer di gadget-gadget keluaran baru.

USB Type C

USB Type C atau disingkat USB-C adalah konektor yang mirip Micro USB, namun bentuknya lebih pipih. Konektor ini juga bersifat bolak-balik atau simetris, sehingga Anda tak perlu menebak mana sisi atas atau bawah.

MacBook Charger USB CPC World MacBook Charger USB C
USB-C kini banyak dipakai di perangkat mobile seperti Android dan laptop. Selain itu, USB-C juga mulai diadopsi oleh host device seperti desktop, monitor, dan harddisk eksternal.

Kekurangan dari USB-C adalah saat ini port tersebut masih sedikit penggunanya. Jadi, bisa saja Anda memiliki kendala kecocokan konektor dengan perangkat-perangkat lain. Anda butuh adaptor atau docking untuk menghubungkannya.

Selain itu, bermacam-macam jenis adaptor juga dibuat oleh pabrikan pihak ketiga yang secara kualitas juga berbeda-beda.

Thunderbolt 3

Konektor jenis ini umum dipakai di perangkat-perangkat Apple, seperti MacBook Pro dan laptop Windows seperti Asus Predator. Selain itu, monitor kelas profesional dan harddisk kelas atas juga menggunakan Thunderbolt.

Kabel konektor Thunderbolt 3Ist Kabel konektor Thunderbolt 3
Bentuk Thunderbolt 3 memiliki desain yang sama dengan USB-C, namun Thunderbolt 3 mendukung lebih banyak protokol transfer dan kecepatannya lebih tinggi.

Di antara protokol yang didukung adalah PCI Express jika ingin menggunakan kartu grafis eksternal, DisPlayPort untuk menghubungkan banyak monitor 4K atau satu monitor 5K.

Kecepatan transfer Thunderbolt 3 sendiri diklaim mencapai 20 Gbps. Kecepatan seperti itu hampir dua kalinya kecepatan transfer USB-C.

Kekurangan dari kabel konektor Thunderbolt 3 ini adalah harganya yang masih tergolong mahal karena mendukung banyak protokol dibanding USB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com