Emoji Baru di iPhone, dari Wanita Berhijab hingga Zombie - Kompas.com

Emoji Baru di iPhone, dari Wanita Berhijab hingga Zombie

Oik Yusuf
Kompas.com - 19/07/2017, 05:34 WIB
Sebagian desain emoji baru yang dipamerkan oleh Apple.Apple Sebagian desain emoji baru yang dipamerkan oleh Apple.

KOMPAS.com - Para pemilik iPhone dan iPad bakal segera mendapat tambahan aneka emoji baru untuk dipakai berekspresi dalam percakapan.

Rangkaian emoji baru ini bakal disertakan pada update iOS 11. Namun, pada “Hari Emoji Sedunia” yang jatuh pada 17 Juli kemarin, pabrikan gadget berlambang buah apel tergigit itu memamerkan sejumlah desain emoji yang akan datang.

“Emoji baru termasuk wanita berhijab, pria berjenggot dan ibu menyusui, juga item makanan seperti sandwich dan kelapa,” sebut Apple dalam sebuah keterangan tertulis.

Selain itu ada juga sejumlah binatang dan makhluk mistis seperti dinosaurus T-Rex, Zebra, Zombie, dan Elf, di samping emoji “exploding head", "smiley face” dan “Star-Struck”.


Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (19/7/2017), Apple sebenarnya mengikuti panduan 56 emoji baru yang diumumkan oleh Unicode Consortium -lembaga yang mengatur standarisasi emoji- pada 20 Juni lalu.

Baca: Soal Emoji, Indonesia Setara Amerika Serikat

Namun, Unicode hanya menentukan apa saja standar emoji dan karakter teks yang baru. Rancangan masing-masing emoji diserahkan kepada para pabrikan gadget.

Selain gadget iOS, rangkaian emoji baru diperkirakan juga bakal tersedia untuk pengguna komputer Mac melalui update Mac OS High Sierra, juga Apple Watch lewat pembaruan Watch OS yang akan datang.

Untuk perangkat Android, emoji baru disinyalir akan hadir bersama dengan update sistem operasi Android O.

PenulisOik Yusuf
EditorReska K. Nistanto
SumberThe Verge
Komentar