Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emoji Baru di iPhone, dari Wanita Berhijab hingga Zombie

Kompas.com - 19/07/2017, 05:34 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Para pemilik iPhone dan iPad bakal segera mendapat tambahan aneka emoji baru untuk dipakai berekspresi dalam percakapan.

Rangkaian emoji baru ini bakal disertakan pada update iOS 11. Namun, pada “Hari Emoji Sedunia” yang jatuh pada 17 Juli kemarin, pabrikan gadget berlambang buah apel tergigit itu memamerkan sejumlah desain emoji yang akan datang.

“Emoji baru termasuk wanita berhijab, pria berjenggot dan ibu menyusui, juga item makanan seperti sandwich dan kelapa,” sebut Apple dalam sebuah keterangan tertulis.

Selain itu ada juga sejumlah binatang dan makhluk mistis seperti dinosaurus T-Rex, Zebra, Zombie, dan Elf, di samping emoji “exploding head", "smiley face” dan “Star-Struck”.


Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (19/7/2017), Apple sebenarnya mengikuti panduan 56 emoji baru yang diumumkan oleh Unicode Consortium -lembaga yang mengatur standarisasi emoji- pada 20 Juni lalu.

Baca: Soal Emoji, Indonesia Setara Amerika Serikat

Namun, Unicode hanya menentukan apa saja standar emoji dan karakter teks yang baru. Rancangan masing-masing emoji diserahkan kepada para pabrikan gadget.

Selain gadget iOS, rangkaian emoji baru diperkirakan juga bakal tersedia untuk pengguna komputer Mac melalui update Mac OS High Sierra, juga Apple Watch lewat pembaruan Watch OS yang akan datang.

Untuk perangkat Android, emoji baru disinyalir akan hadir bersama dengan update sistem operasi Android O.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com