Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Marshall McLuhan yang Jadi Google Doodle Hari ini?

Kompas.com - 21/07/2017, 05:58 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Halaman utama Google hari ini, Jumat (21/7/2017) dihiasi oleh kotak animasi warna-warni dengan wajah seorang pria bernama Marshall McLuhann di salah kotaknya. Siapakah pria tersebut?

Marshall McLuhan adalah seorang filsuf atau cendikiawan yang terkenal karena memprediksi kelahiran internet, jauh sebelum internet itu ada.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Telegraph, Google Doodle yang muncul hari ini merupakan sebuah persembahan untuk merayakan hari ulang tahun Marshall McLuhan yang ke-106.

Kotak animasi yang ditampilkan oleh Google Doodle itu pun melambangkan prediksi Marshall McLuhan soal kelahiran internet dalam teori global village.

Baca: Evolusi Logo Google dari Masa ke Masa

Lebih jelasnya, dalam teori global village tersebut Marhsall McLuhan membagi sejarah manusia menjadi empat era. Urutannya adalah era akustik, literatur, produksi massal, serta elektronik.

Teori tersebut dijelaskannya dalam sebuah buku berjudul The Gutenberg Galaxy yang terbit pada tahun 1962, bersamaan dengan menanjaknya popularitas televisi.

Dalam teori itu Marshall McLuhan memprediksi bahwa dunia akan masuk ke dalam era ke-empat, yakni era elektronik. Era yang dimaksud memiliki ciri khas berupa adanya komunitas atau sekumpulan orang yang berkumpul karena dihubungkan oleh teknologi.

Marshall McLuhan menyebutnya sebagai global village. Menurutnya ketika era ini tiba, maka orang-orang bisa mengakses informasi yang sama dengna memanfaatkan teknologi.

Berikutnya, dia kembali menulis sebuah buku berjudul Understanding Media. Ini merupakan buku kelanjutan The Gutenberg Galaxy, dan menjelaskan bahwa di era elektronik atau internt, metode komunikasi akan jadi sesuatu yang lebih berpengaruh ketimbang informasi itu sendiri.

Pasca buku kedua ini, Marshall McLuhan menjadi sosok yang terkenal. Dia rutin tampil di siaran televisi untuk menjelaskan teorinya bahwa medium (wadah pesan) adalah pesan itu sendiri.

Teori yang diungkap Marshall McLuhan menajadi kontroversi di kalangan akademik sepanjang 1970. Bahkan setelah dia meninggal pada 1980, kontroversi ini masih berlanjut.

Marhsall McLuhann baru jadi sosok yang dielu-elukan ketika internet yang diprediksinya benar-benar lahir pada 1989.

Teori Marshall McLuhan kemudian memberi pengaruh pada pemikiran tokog-tokoh besar, seperti filsuf Jean Baudrillard, ayah Perdana Menteri Kanada Pierre Elliot Trudeau, serta seniman Andy Warhol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com