Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laman Utama Google Akan Dialiri Berita

Kompas.com - 21/07/2017, 11:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Sejak pertama diluncurkan hampir 20 tahun lalu pada 1998, laman utama Google yang minimalis hanya berisi sedikit elemen, seperti logo atau doodle dan kolom search. Tak lama lagi, hal tersebut mungkin bakal berubah.

Ini karena Google berencana menambah fitur aliran berita (news feed) di halaman utamanya itu untuk versi desktop dan mobile. Aliran berita tersebut sekarang baru ditambahkan ke aplikasi utama Google di Android dan App Store. Laman web akan menyusul kemudian.

Dalam memilih topik berita yang akan dimunculkan aliran, Google menggunakan teknologi machine learning untuk menelusuri sejarah aktivitas pencarian pengguna di Google.

"Seiring dengan perubahan minat dan dunia Anda, aliran berita akan berubah bersama Anda," sebut Google dalam sebuah posting blog, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Washington Post, Jumat (21/7/2017).

Baca: Google Rilis Layanan Pencari Kerja Mirip LinkedIn, Bedanya?

Tampilan News Feed di aplikasi Google.Google Tampilan News Feed di aplikasi Google.
"Aliran berita juga akan mencerminkan tingkat ketertarikan Anda terhadap berbagai topik -misalnya apabila Anda antusias soal fotografi tapi biasa saja soal fitness, hal itu akan terlihat dari aliran berita," lanjut Google.

Wilayah geografis juga menentukan apa saja yang muncul di aliran berita, apabila pengguna berkenan memberitahukan posisinya ke Google.

Di Aplikasi Google, pengguna bisa melakukan "follow" untuk selalu mengikuti perkembangan dari topik tersebut. Bisa juga sebuah topik diatur agar tak lagi ditampilkan dalam aliran.

Aliran berita Google boleh dibilang mirip dengan fitur News Feed di Facebook.

Bedanya, aliran berita Google tak dipengaruhi oleh pertemanan dan aktivitas di media sosial, tapi benar-benar berdasarkan topik yang biasa dicari si pengguna di internet.

Aplikasi Google versi terbaru di iOS dan Android sudah dibekali dengan fitur News Feed ini. Belum diketahui kapan fitur serupa akan mulai muncul di situs web desktop dan mobile Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com