Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Pergi ke Luar Angkasa Lewat Google Maps

Kompas.com - 21/07/2017, 20:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Seperti apa rasanya berada di dalam stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) yang melayang-layang ratusan kilometer di atas Bumi?

Meski belum bisa benar-benar pergi ke luar angkasa, pengguna internet kini dapat "berjalan-jalan" menelusuri bagian dalam dari ISS lewat Google Street View.

Foto-foto interior ISS belakangan ditambahkan ke layanan jelajah dunia tersebut oleh Google. Seperti Street View di Bumi, foto-foto ISS disajikan dalam format panorama 360 derajat. Pengguna bisa melihat ke semua arah dengan menggerakkan kursor.

Tur virtual Street View mencakup seluruh bagian ISS yang bisa ditinggali manusia dan interior dari dua pesawat luar angkasa komersil, yakni ATK Cygnus dan SpaceX Dragon.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (21/7/2017), ISS terdiri dari 15 modul dengan fungsi yang berbeda-beda, mulai dari tempat tidur hingga cupola untuk observasi planet Bumi.

Foto-foto Streetview di ISS tidak diambil menggunakan mobil berkamera seperti biasa karena jelas tidak muat di ISS. Pengambil gambar adalah Thomas Pesquet, seorang astronot European Space Agency, yang tinggal di ISS dari Januari hingga Juni 2017.

Pesquet menjepret serangkaian foto dengan kamera DSLR yang sudah ada di ISS sebelumnya, lantas mengirimkan gambar-gambar tersebut ke Bumi, untuk kemudian dijahit menjadi panorama 360 derajat Street View.

Baca: Dunia Game of Thrones Bisa Dijelajahi lewat Google Maps

ISS sekaligus menjadi tempat pertama di luar planet Bumi yang bisa dijelajahi lewat Streetview. Silakan klik tautan berikut untuk melihat-lihat stasiun luar angkasa tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com