Pengguna Laptop Lawas dengan Windows 10 Mengeluh - Kompas.com

Pengguna Laptop Lawas dengan Windows 10 Mengeluh

Oik Yusuf
Kompas.com - 23/07/2017, 10:18 WIB
Tampilan Start Menu di Windows 10New York Times Tampilan Start Menu di Windows 10

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna mengeluhkan laptop dan tablet Windows 10 menjumpai pesan error saat hendak memasang Windows 10 Creators Update.

“Windows 10 tak lagi didukung di PC ini. Uninstall aplikasi ini sekarang karena tidak kompatibel dengan Windows 10,” bunyi pesan error yang memimbulkan kebingungan tersebut.

Ada apa gerangan? Rupanya Microsoft menghentikan dukungan bagi prosesor Intel Atom seri “Clover Trail” di Windows 10 Creators Update.

Perangkat-perangkat berbasis prosesor lawas itu pun tak bisa memasang update terkini Windows 10, meski sebelumnya telah “dipastikan kompatibel” oleh Windows Update.

Clover Trail pertama dirilis pada 2012 dan ditujukan untuk perangkat-perangkat mobile kelas ringan, seperti laptop entry-level dan tablet.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC World, Minggu (23/7/2017), ada empat model prosesor Clover Trail yang terdampak oleh masalah error update WIndows 10 Creators Update, yakni Atom Z2769, Atom Z2520, Atom Z2560, dan Atom Z2580.

Microsoft berhenti mendukung keempat model prosesor karena Intel sendiri sudah tidak memberikan support, termasuk driver, sehingga berpotensi menimbulkan masalah di sistem operasi Windows 10.

“Kalau partner hardware berhenti mendukung perangkat atau komponen, lalu tak lagi memberikan update driver, firmware, atau perbaikan lain, perangkat bersangkutan tak akan bisa menjalankan update fitur Windows 10,” ujar Microsoft.

Prosesor Atom Clover Trail banyak digunakan oleh perangkat tablet hybrid 2-in-1 berbasis Windows 8 seperti HP Envy X2 dan Asus VivoTab. Banyak pengguna perangkat ini yang kemudian beralih ke Windows 10.

Perangkat-perangkat berbasis prosesor Atom Clover Trail akan tetap mendapatkan update sekuriti secara rutin hingga akhir masa dukungan pada Januari 2023.

Hanya saja, mereka tak akan memperoleh tambahan fitur-fitur baru OS Windows 10 seperti yang disematkan dalam Creators Update.

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
SumberPC World
Komentar