Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Bisa "Video Call" Sambil Balas "Chat"?

Kompas.com - 24/07/2017, 09:40 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechViral

KOMPAS.com - Ketika melakukan panggilan video alias video call dengan seorang teman via WhatsApp, acap kali ada beberapa pesan masuk yang penting untuk segera dibalas. Hal ini membuat dilema, pasalnya Anda harus memilih apakah ingin memprioritaskan video call atau membalas chat.

Nah, fitur terbaru bertajuk “Picture-in-Picture” yang bakal hadir di WhatsApp menghapus dilema tersebut. Fitur itu memungkinkan Anda melanjutkan video call sambil membalas chat dari teman-teman lain di aplikasi WhatsApp.

Mekanisme fitur PiP ini sejatinya sudah lebih dulu diimplementasikan layanan berbagi video YouTube, di mana pengguna bisa menonton sebuah video sambil mengeksplor video-video lain.

Intinya, PiP bertujuan meningkatkan produktivitas pengguna dengan memfasilitasi dua pekerjaan sekaligus, sebagaimana dilaporkan TechViral dan dihimpun KompasTekno, Senin (24/7/2017).

Baca: Ingin Tahu Pemblokir di WhatsApp, Ini Caranya

Ihwal soal fitur ini pertama kali dikicaukan akun @WABetaInfo di Twitter. Ia membagikan hasil pemindaian antarmuka WhatsApp versi Beta yang sudah bisa untuk PiP.

Menurut @WABetaInfo, PiP bakal hadir secara otomatis di Android O 8.0. Sistem operasi yang baru diperkenalkan Google pada Mei 2017 tersebut digadang-gadang dirilis komersil pada Agustus nanti.

Meski demikian, jika telah memiliki Android O versi Developer Preview, Anda sudah bisa mencoba gitur PiP di WhatsApp. Pasalnya, fitur ini sudah tersedia untuk para pengembang saja.

Selain untuk Android, fitur PiP juga dikabarkan akan hadir untuk pengguna iOS. Kapan waktunya belum ada yang bisa memastikan. Kita tunggu saja.

Baca: Begini Cara Ambil Antrean Paspor Lewat WhatsApp

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechViral
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com