Diperbarui, Telegram Kini Bisa Hapus Foto dan Video Otomatis - Kompas.com

Diperbarui, Telegram Kini Bisa Hapus Foto dan Video Otomatis

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 24/07/2017, 14:42 WIB
Telegram Messengerist Telegram Messenger

KOMPAS.com - Di tengah kontroversi pemblokiran layanan di Indonesia, Telegram, merilis fitur baru. Di fitur tersebut, foto atau video yang dikirim lewat Telegram kini bisa dipasangi "timer".

Foto atau video tersebut bakal dihapus secara otomatis setelah timer mencapai angka 0. Timer baru akan menghitung mundur setelah pesan dibaca oleh si penerima.

Fitur foto atau video yang bisa terhapus secara otomatis itu tersedia di aplikasi Telegram versi terbaru, yakni 4.2 untuk Android dan iOS. Fitur tersebut juga hanya tersedia di menu Private Chats.

Fitur ini hampir sama dengan fungsi foto dan video yang bisa terhapus sendiri di bagian Secret Chats. Jika seseorang membuat screenshot foto tersebut, maka pengirim akan mendapatkan notifikasi.

Telegram mengumumkan kehadiran fitur baru di bagian Private Chats tersebut melalui blog resminya pada Minggu (23/7/2017) lalu.

Baca: 17 Aksi Teror di Indonesia yang Memakai Telegram untuk Komunikasi

Selain itu, dikutip KompasTekno dari situs Telegram, profil akun Telegram kini juga bisa ditambahi dengan biodata singkat, layaknya di Twitter.

Halaman yang menampilkan stiker kini juga bisa diperbesar sehingga pengguna bisa dengan mudah memilih stiker yang diinginkan.

Pengguna di Indonesia, India, Iran, Irak, Amerika Selatan, dan Turki juga bakal menemui download media yang lebih singkat, berkat teknik cache CDN. Teknik ini memungkinkan aplikasi menyimpan video dan foto yang tersedia secara publik yang di-posting di Channel.

Terakhir, Telegram kini menambahkan tool editing video baru. Pengguna kini bisa mengedit video agar menjadi lebih menarik.

Update Telegram versi 4.2 di iOS dan Android ini akan dirilis secara bertahap tiap negara.

Baca: Akankan Pemerintah Buka Blokir Telegram?

PenulisReska K. Nistanto
EditorDeliusno

Komentar