Xiaomi Mi AI, Speaker Pintar Pesaing Amazon Echo - Kompas.com

Xiaomi Mi AI, Speaker Pintar Pesaing Amazon Echo

Deliusno
Kompas.com - 27/07/2017, 09:23 WIB
Xiaomi Mi AIXiaomi Xiaomi Mi AI

KOMPAS.com - Xiaomi tidak hanya merilis Mi 5X pada acara peluncuran di Beijing, China, Rabu (26/7/2017) lalu. Di ajang tersebut, Xiaomi juga memperkenalkan speaker pintar, Mi AI. Speaker pintar Xiaomi Mi AI itu digadang-gadang jadi pesaing Amazon Echo dan Google Home.

Apa fungsi dari Mi AI? Sama seperti Amazon Echo dan Google Home, speaker Mi AI bisa terhubung ke internet.

Dengan menggunakan perintah suara, pengguna bisa memberi pertanyaan sehari-hari, seperti cuaca dan berita, kepada Mi AI. Nah, setelah menerima pertanyaan, speaker pintar itu akan mencari jawabannya di internet.

Selain itu, speaker Mi AI juga bisa digunakan untuk mengontrol perangkat terkoneksi lain. Sebagai contoh, pengguna bisa memerintahkan penanak nasi pintar Xiaomi untuk bekerja lewat Mi AI ini.

Baca: Apple Tengah Menguji Speaker Pintar Berisi Siri

Menurut Xiaomi, Mi AI bisa digunakan untuk mengontrol semua produk pintar bikinan Xiaomi sendiri. Ada juga 30 produk pintar dari rekanan Xiaomi yang bisa dikontrol via Mi AI.

Fungsi lainnya, Mi AI juga bisa digunakan untuk mengatur reminder, alarm, memainkan musik, audiobook, dan podcast.

Dari segi audio, Mi Ai menggunakan pengaturan enam microphone untuk suara 360 derajat, sebagaimana KompasTekno rangkum dari TechCrunch, Kamis (27/7/2017).

Mi AI sendiri diminati karena harganya yang relatif terjangkau. Ia akan dijual dengan harga 45 dollar AS atau sekitar Rp 600.000. Harga itu relatif murah, jika dibandingkan dengan Amazon Echo yang dijual 180 dollar AS (Rp 2,4 juta) dan Google Home dengan banderol 130 dollar AS (Rp 1,8 juta).

PenulisDeliusno
EditorReska K. Nistanto
Komentar