Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Putar Video Otomatis di Hasil Pencarian

Kompas.com - 27/07/2017, 14:27 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google mulai menampilkan video di hasil pencarian Google Search. Video tersebut juga bakal diputar secara otomatis atau autoplay. Fitur video yang langsung diputar di hasil pencarian ini masih dalam tahap uji coba.

Saat ini, baru sejumlah kecil pengguna Google Search yang kebagian fitur autoplay video di hasil pencarian Google. Belum diketahui apakah Google juga akan meluncurkan fitur ini secara global atau tidak.

“Kami terus melakukan eksperimen mengenai cara memperbaiki pengalaman menggunakan mesin pencari, tapi belum ada rencana untuk mengumumkan (autoplay) sekarang,” ujar juru bicara Google, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Next Web, Kamis (27/7/2017).

Fitur autoplay seperti ini seringkali membuat pengguna terasa terganggu. Pasalnya, video yang tidak ingin diputar itu justru diputar secara otomatis, dan kadang membuat terkejut, karena tiba-tiba mengeluarkan suara.

Baca: Diperbarui, Telegram Kini Bisa Hapus Foto dan Video Otomatis

Google sendiri tampaknya mencoba mengantisipasi ketidaksukaan itu dengan mematikan suara di video yang otomatis berputar.

Selain Google, ada banyak perusahaan internet yang sedang menjajal atau mengembangkan fitur autoplay video. Beberapa di antaranya adalah Facebook, Twitter dan Instagram.

Facebook sendiri sudah mengirimkan fitur autoplay ke para penggunanya. Namun rata rata pengguna protes, menyatakan ketidaksukaan pada fitur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com