Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi Star Wars di Balik Earphone Ikonik Apple

Kompas.com - 27/07/2017, 16:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Barisan tentara Imperial Stormtrooper ternyata tak hanya memukau para fans Star Wars di seluruh dunia, tapi juga desainer Apple, Jonathan Ive.

Si perancang aneka gadget Apple itu sibuk membayangkan seragam Stormtrooper yang berlapis zirah putih dari ujung kepala hingga kaki ketika mendesain earphone Apple.

Maka jadilah earphone Apple berlapis plastik putih mengilap. Bentuknya ikonik dan mudah dikenali sebagai salah satu ciri khas yang senantiasa mendampingi gadget Apple.

Ciri khas cangkang plastik putih tetap dipertahankan hingga generasi earphone terkini, yakni EarPods dan AirPods yang sudah tidak memakai kabel.

Baca: iPhone 7 Tak Punya Colokan Earphone dan Tombol Home, Ini Alasannya

Hal tersebut diungkapkan oleh Ive dalam sebuah wawancara dengn The Wall Street Journal, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Kamis (27/7/2017).

Saling menginspirasi

Sebaliknya pula, Star Wars pun mengambil inspirasi dari Ive.
Sutradara film Star Wars: The Force Awakens, J.J. Abrams, empat tahun lalu sempat bertemu dengan Ive.

Dalam pertemuan itu, Ive yang menggemari Star Wars menyarankan supaya pedang lightsaber dibuat lebih kasar dan mengeluarkan percikan-percikan api.

Saran Ive itu diwujudkan oleh Abrams dalam bentuk pedang lightsaber tokoh antagonis Kylo Ren. Pedang cahaya Kylo Ren dalam The Force Awakens berbentuk kasar dan tidak bisa ditebak seperti karakter si empunya.

Ive juga turut memimpin proyek perancangan desain kantor baru Apple yang bernama Apple Park. Kompleks gedung berbentuk bundar mirip piring terbang itu menelan biaya sebesar 5 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com