Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPod Shuffle dan Nano Segera Pensiun

Kompas.com - 28/07/2017, 11:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple kembali merampingkan lini produk pemutar musik iPod besutannya. Setelah iPod Classic dipensiunkan pada 2014, kini giliran iPod Shuffle dan iPod Nano mengalami nasib serupa.

Kedua produk tersebut sudah tidak ditemukan lagi di situs toko online Apple. Lewat sepucuk surat elektronik, juru bicara Apple membenarkan bahwa iPod Shuffle dan iPod Nano memang sudah dipangkas.

“Kami menyederhanakan lini iPod dengan dua model iPod touch yang kapasitasnya dua kali lebih besar, mulai 199 dollar AS. Kami menyetop iPod Shuffle dan iPod Nano,” ujar sang juru bicara kepada The Verge.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno, Jumat (27/7/2017), meski sudah lenyap dari situs Apple, iPod Shuffle dan iPod Nano sekarang masih lebih bisa dibeli dari retailer lain.

Namun ketersediaan iPod Shuffle dan iPod Nano tak akan berlangsung lama, hanya selama stok masih tersedia karena produksi kedua perangkat sudah dihentikan.

iPod Nano pertama kali diperkenalkan pada 2005 sebagai pengganti iPod Mini. Perangkat ini dibekali layar dan tombol fisik.

Sementara, iPod Shuffle melakukan debutnya pada tahun yang sama sebagai pemutar musik termungil dari Apple. Perangkat ini tak memiliki layar dan hanya dibekali tombol fisik.

iPod Nano dan iPod Shuffle tidak diperbarui oleh Apple selama beberapa tahun belakangan. iPod Nano terakhir diperbarui (generasi ke-7) pada 2012.

Sementara itu, iPod Shuffle teranyar adalah generasi ke-4 yang dirilis pada 2010. Setelah update generasi terakhir, pembaruan yang diterapkan hanya bersifat penambahan varian warna saja pada iPod Shuffle dan iPod Nano.

Baca: iPod Lawas Bisa Dijual Rp 93 Jutaan di e-Bay

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com