Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Telkomsel Ajak Operator Seluler Sama-sama Sehatkan Industri

Kompas.com - 01/08/2017, 14:12 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, mengajak semua operator seluler di Indonesia untuk sama-sama menyehatkan industri telekomunikasi di Tanah Air. Caranya dengan memenuhi standar affordability, sustainability, dan availability.

Menurut Ririek, industri telekomunikasi seluler saat ini cenderung tidak sehat. Dari segi harga, paket layanan seluler di Indonesia termasuk yang diberikan oleh Telkomsel, menurut Ririek, salah satu yang paling murah jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Dulu pernah saya sampaikan, secara harga kita salah satu yang murah. Memang ada beberapa negara yang lebih murah, seperti India, namun pasarnya sudah mulai ada distorsi, industrinya pun turun," kata Ririek saat berbincang dengan KompasTekno di kantor Telkomsel, Senin (31/7/2017).

Agar menjadi sehat, Ririek menyampaikan industri telekomunikasi harus memenuhi tiga hal, yakni affordability (keterjangkauan), sustainability (keberlangsungan), dan availability (ketersediaan).

Baca: Surat CEO Indosat ke Menkominfo soal Perang Tarif Internet Bocor ke Publik, Ini Penjelasannya

Dalam hal keterjangkauan, harga murah itu penting, tetapi menurut Ririek kalau sudah terlalu murah justru membuat industri tidak sehat.

Dari segi sustainability (keberlangsungan), agar pelaku industri seluler tetap bisa bertahan, mereka perlu membangun dan menjaga kualitas layanan setidaknya di tingkat minimal.

"Untuk itu ada profitabilitas yang wajar," katanya.

Sementara dari segi availability (ketersediaan), Ririek mengatakan idealnya layanan operator seluler itu merata, sehingga masyarakat bisa menikmati di mana saja.

Isu industri yang tidak sehat ini muncul setelah CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, mengirimkan surat kepada Menteri komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Alex, sapaannya, menggarisbawahi bahwa industri telekomunikasi di Indonesia sudah tidak sehat lagi dengan adanya persaingan harga. Untuk itu, Alex mengusulkan agar pemerintah membuat aturan batas tarif bawah internet operator seluler di Indonesia.

Baca: Persaingan Tidak Sehat Jadi Alasan Indosat Surati Menkominfo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com