Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Facebook di Indonesia Buka Sebelum 17 Agustus

Kompas.com - 02/08/2017, 11:55 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangarepan memastikan bahwa Facebook bakal mendirikan badan usaha tetap (BUT) di Indonesia. Itu artinya, Facebook akan membuka kantor tetap di Tanah Air.

Kepastian soal pembukaan kantor ini disampaikan oleh Perwakilan Facebook Asia Pasifik, yakni Jeff Wu dan Alvin Tan. Keduanya menemui Semuel dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di kantor Kemenkominfo hari ini, Rabu (2/8/2017).

Semuel membeberkan, proses BUT Facebook saat ini hampir selesai. Diperkirakan badan usaha akan benar-benar berdiri sebelum tanggal 17 Agustus 2017.

“Kami sudah pernah bicara dengan Facebook dan sejak Maret 2017 lalu mereka juga sudah mendapatkan izin prinsip untuk proses pendirian BUT ini,” ucap Semuel saat bincang dengan wartawan usai pertemuan itu.

“BUT-nya berbentuk PT. Nanti akan dipakai antara lain mengurus soal pajak, customer service, dan semua kegiatan usaha di Indonesia,” kata Semuel.

Semuel mengatakan bahwa proses pembuatan BUT tersebut memang cukup lama. Meski sudah mendapat izin prinsip sejak Maret 2017, raksasa media sosial itu masih harus menunggu dan menyesuaikan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang dikeluarkan melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

KBLI berguna untuk penentuan kualifikasi jenis kegiatan usaha, dan dicantumkan dalam Surat Permohonan Izin Usaha Pedagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan penentuan kualifikasi perizinan investasi.

“Kan kita ada KBLI baru mengenai platform digital, saya kira arahnya ke sana. Bulan Mei lalu diterbitkan, jadi harus menyesuaikan dengan KBLI itu,” tutur Semuel.

Rencana Facebook untuk membuka kantor atau BUT di Indonesia sebenarnya sudah lama diutarakan. Tepatnya pada 2014, Wakil Presiden Faebook Asia Pacific Dan Neary mengungkap rencana terebut pada Basuki Tjahaja Purnama yang kala itu menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI.

Baca: Facebook Buka Kantor di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com