Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Pencarian Gambar di Google Semakin Pintar

Kompas.com - 03/08/2017, 07:04 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Hasil pencarian gambar di Google kini semakin pintar dan rapi. Ketika mencari gambar sebuah tempat, produk, hingga makanan, Anda akan disuguhkan informasi yang lebih terstruktur dan mendalam melalui sebuah badge.

Badge itu bertuliskan kategori seperti “recipe” alias resep, ikon video beserta durasinya, GIF, “buy” alias informasi pembelian, dan lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (3/8/2017) dari blog resmi Google.

Misalnya saat Anda menelusuri “cupcake” di laman Google Image, maka yang muncul adalah deretan foto camilan manis tersebut dengan disertai badge “recipe”.

Ketika menekan badge tersebut, akan keluar informasi lebih lanjut mengenai cara membuat cupcake sesuai gambar. Antarmukanya dibuat simpel berupa poin per poin, bukan teks panjang.

Untuk pencarian gambar lain semisal produk tas atau gadget, badge akan menunjukkan informasi semacam tempat pembelian, video review, dan hal-hal lain yang ingin Anda ketahui lebih lanjut.

“Kami harap fitur baru ini bisa meningkatkan pengalaman Anda dalam pencarian visual, menghubungkan Anda dengan informasi yang relevan,” begitu tertera pada blog Google.

Sejatinya penyematan badge yang terkategorisasi itu bertujuan menghemat energi Anda ketika melakukan pencarian gambar. Anda tak perlu menekan tombol “visit page” alias “kunjungi laman” untuk dialihkan ke situs lain guna menggali informasi soal gambar.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia bertahap untuk pengguna mobile, baik dari laman Google yang dibuka pada peramban mobile atau aplikasi Google Search untuk Android.

Pengguna desktop belum bisa memanfaatkannya. Google pun tak mengumbar janji bakal memboyong fitur ini ke desktop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com