Tahun Depan, Pelanggan Indosat Gig Bisa Nonton TV - Kompas.com

Tahun Depan, Pelanggan Indosat Gig Bisa Nonton TV

Oik Yusuf
Kompas.com - 03/08/2017, 17:32 WIB
- -

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat memiliki layanan internet broadband Fiber to the Home (FTTH) bernama Gig yang tahun ini mulai berekspansi ke luar Jabotabek. Kendati menawarkan kecepatan internet hingga 1 Gigabit per detik, Indosat Gig masih belum menyertakan langganan TV (IPTV) bersama dengan paket internetnya.

Corporate Secretary Division General Manager Indosat Mega Media Syachrial Syarif mengakui keberadaan IPTV penting untuk mendukung konsep "triple play" FTTH. Yakni menyediakan layanan voice, data internet, dan televisi dalam satu paket agar lebih menarik bagi calon konsumen.

Indosat Gig kini baru memiliki dua jenis layanan, yakni data internet dan voice lewat kerja sama dengan Indosat Phone.

Tapi absennya layanan TV di Indosat Gig akan terobati. Syarif mengatakan pihaknya berniat menambah layanan TV pada 2018.

"Mungkin (IPTV) akan ditambah di kuartal kedua tahun depan," ujar Syarif saat berbincang dengan KompasTekno dan sejumlah wartawan lain di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Indosat Gig sebenarnya sudah menyediakan tayangan video steaming on demand lewat kerja sama dengan penyedia layanan (OTT) iFlix dalam paket berlangganan. Namun, keberadaan IPTV tetap dipandang sebagai salah satu elemen yang sebaiknya hadir di layanan FTTH, termasuk Indosat Gig.

"Menggandeng OTT paling gampang. Pelanggan langsung bisa akses. Tapi kalau mau bagus ya kerja sama dengan penyedia pay TV (IPTV). Mereka beli konten dari mana-mana. Memang mahal, tapi ini paling menarik, jadi penarik orang untuk langganan FTTH," imbuh Syarif.

Tahun ini, Indosat Gig mulai berekspansi ke kota-kota lain di luar Jabotabek, yakni Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Jumlah total pelanggannya kini berada di kisaran 22.000 dan ditargetkan naik menjadi kisaran 34.000 pada akhir 2017.

PenulisOik Yusuf
EditorDeliusno
Komentar