Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Utama Galaxy Note 8, Ganda dan Belum Pernah Ada di Dunia

Kompas.com - 03/08/2017, 19:02 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Bocoran mengenai Samsung Galaxy Note 8 kembali ramai dibicarakan. Kali ini bocoran tersebut mencantumkan spesifikasi dan rancangan final perangkat tersebut.

Menurut sumber yang dekat dengan Samsung, salah satu keunggulan yang Galaxy Note 8 adalah kemampuan dual-camera untuk kamera utama. Kamera tersebut dibekali dengan satu lensa wide dan satu lensa telephoto.

Fitur kamera ganda seperti ini belum pernah ada di smartphone mana pun sebelumnya. Ponsel lain pada umumnya hanya memiliki satu kemampuan di kamera gandanya, wide atau tele. Contohnya, Asus Zenfone Zoom S mengusung fitur tele dan LG G6 memilih fitur wide di kamera gandanya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Venture Beat, Kamis (3/8/2017), Samsung membekali kamera ganda itu dengan sensor berketajaman 12 megapiksel.

Spesifikasi lainnya, lensa wide di Samsung Galaxy Note 8 dibekali dengan bukaan F/1.7 dengan teknologi dual pixel auto-focus. Sedangkan lensa telephoto-nya dibekali dengan F2.4 dengan teknologi 2x optical zoom.

Untuk urusan selfie, pengguna Samsung Galaxy Note 8 bisa mengandalkan sebuah kamera depan yang memiliki bukaan F/1.7. Bukaan selebar ini bisa membuat pengguna bisa lebih mudah memotret dalam kondisi low light.

Selain soal kamera, bocoran ini juga mengungkap bahwa Samsung Galaxy Note 8 memiliki bodi yang telah mendapatkan sertifikasi IP68. Artinya, pengguna smarpthone mutakhir ini memiliki kemampuan anti-air dan anti-debu.

Layar Samsung Galaxy Note 8 berupa panel Super AMOLED berukuran 6,3 inci (1.440 x 2.960 piksel). Desainnya pun mirip dengan seri Note lain, yakni memiliki sudut yang berbentuk agak kotak.

Otak pemrosesan Samsung Galaxy Note 8 kemungkinan berupa Exynos 8895. Namun ada juga seri yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835, khusus untuk diluncurkan di Amerika Serikat (AS).

Samsung memadukan otak pemrosesan tersebut dengan RAM 6 GB, memori penyimpanan internal 64 GB, serta pasokan daya dari baterai berkapasitas 3.300 mAh. Rencananya, Samsung bakal meluncurkan Galaxy Note 8 di New York, AS pada 23 Agustus 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com