Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Pengiriman Data Bikinan Mozilla Lebih Pribadi

Kompas.com - 07/08/2017, 06:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Mozilla meluncurkan situs baru yang bisa digunakan untuk mengirimkan data dari satu orang ke orang lain. Situs yang dimaksud diberi nama Send.

Send buatan Mozilla memiliki fitur yang unik dan mirip Snapchat. Berbagai data yang dikirimkan oleh pengguna melalui Mozilla Send, akan otomatis menghilang setelah diunduh oleh orang yang dituju.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (7/8/2017), walau terdengar janggal, data yang bisa menghilang itu memang merupakan fitur utama send. Tujuannya agar kegiatan berbagi data tetap bersifat lebih pribadi (personal) dan bisa dilakukan dengan cepat.

Mozilla Send sendiri bukan satu-satunya situs yang berguna untuk berbagi data. Sebelumnya, sudah ada AirDrop atau e-mail yang juga bisa dipakai mengirim data dengan mudah.

Baca: Diperbarui, WhatsApp Bisa Kirim File Segala Format

Sayangnya AirDrop tergolong sulit digunakan. Sementara itu e-mail biasanya hanya bisa membawa attachment hingga maksimal 20 MB. Jadi jika file yang akan dikirim tergolong berukuran besar, Mozilla Send bisa digunakan.

Saat ini Mozilla merancang Send agar bisa mengirim data hingga ukuran 1 GB. Setelah mengunggahnya, maka data tersebut bisa dibuka melalui sebuah tautan.

Tautan tersebut masih bisa dipakai hingga pengguna yang dituju mengunduh file di dalamnya, atau setelah lewat 24 jam.

Mozilla sekarang menganggap Send sebagai sebuah percobaan. Artinya ada kemungkinan situs tersebut bakal ditutup atau bisa juga dikembangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com